PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)MELALUI METODE APBL (AUTHENTIC PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN

Munawaroh .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan model pembelajaran CTL melalui metode (Authentic Problem Based Leraning) APBL dan perangkat pembelajaranpada SMK kelompok  Bisnis dan Manajemen jurusan keuangan kompetensi keahlian Akuntansi yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan kecakapan hidup siswa terutama kecakapan dalam pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini adalah penelitian pengembangan dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap yang meliputi pendefinisian (define),  perencanaan (design), pengembangan (develop), dan pendiseminasian (dessiminate). Dan melibatkan para ahli pembelajarn yang digunakan sebagai masukan dalam  pengembangan metode pembelajaran  kewirausahaan  melalui metode  Authentic Problem Based Learning(APBL) sehingga dihasilkan masukan untuk pembuatan buku ajar kewirausahaan.Metode penelitian dalam pengumpulan datanya menggunakan Lembar pengamatan aktivitas siswa, tes tulis, dan angket. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Akuntansi 1 SMKN 1 Jombang dan Tehnik Analisis Datanya menggunakan analisis diskriptif eksploratif..Hasil  penelitian menunjukkan penilaian dari tim Ahli mata pelajaran kewirausahaan dan ahli perancang pembelajaran terhadap hasil pengembangan pembelajarn kewirausahaan melalui metode Authentic Problem Based Learning (APBL) layak digunaka. Untuk itu , maka perlu tindak lanjut dilakukan perbandingan uji coba dengan metode yang lain kepada siswa SMK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen dan dilskukan diseminasi hasil penelitian ini kepada seluruh guru SMK Bidang keahlian Bisnis dan Manajemen Pengampu mata kuliah Kewirausahaan di Kabupaten Jombang pada tahun ke dua untuk mwujudkan buku ajar kewirausahaan

Kata Kunci: Kewirausahaan , CTL,Metode Authentic Problem Based Learning (APBL)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.