COLLABORATIVE STRATEGIC READING (CSR) STRATEGY FOR IMPROVING TEACHING READING CLASS

Hartia Novianti, Afi Ni’amah

Abstract


Collaborative Strategic Reading (CSR) adalah teknik yang sangat baik untuk mengajar siswa membaca pemahaman dan membangun kosakata dan juga bekerja sama secara kooperatif. strategi membantu memperkuat kemampuan membaca dan berpikir kritis. Collaborative Strategic Reading (CSR) adalah metode yang baik untuk siswa karena setiap langkah dalam Collaborative Strategic Reading (CSR) membantu siswa untuk meningkatkan pengetahuan mereka, terutama memahami isi teks. Strategi ini mendorong siswa untuk menjadi pembaca aktif dan bijaksana dan meningkatkan pemahaman mereka. Artikel ini melaporkan pelaksanaan Collaborative Strategic Reading (CSR) dari peserta didik EFL pada semester pertama Jurusan Bahasa Inggris di STKIP PGRI Jombang. Langkah-langkah strategis CSR ada empat yaitu; (1) kegiatan awal atau brainstorming memiliki tujuan untuk membangun pengetahuan sebelumnya dan untuk memotivasi minat siswa tentang topik yang dipelajari, (2) the clink and clunk adalah desain untuk membantu siswa mengidentifikasi gangguan dalam memahami dan kemudian menyelesaikan kesalahpahaman menggunakan serangkaian "memperbaiki up "strategi, (3) get the gist, para siswa harus menemukan gagasan utama dari setiap paragraf teks. para siswa menyatakan kembali titik paling penting dari teks dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri dan meningkatkan memori siswa tentang apa yang telah mereka baca., dan (4) wrap-up siswa harus membuat beberapa pertanyaan berdasarkan apa teks yang mereka baca. Termasuk 5W1H untuk membuat pertanyaan berdasarkan pemahaman mereka tentang teks. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap positif yang signifikan terhadap pelaksanaan CSR.Kata Kunci: Collaborative Strategic Reading (CSR), kelas Membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.