Gerakan Literasi Pada Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH) Shalter Rumah Hati Melalui Model Pembelajaran Perilaku

Zuly Ika Damayanti, Susi Darihastining

Abstract


Berdasarkan  data  yang  diperoleh  dari  angket  yang  telah  disebar  oleh  penulis, tingkat  minat  baca  dan  tulis  khususnya  pada  ABH  (Anak  Bermasalah  dengan Hukum) di kota Jombang tergolong rendah. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pihak  pemeritah  Kota  Jombang  dan  Shalter  Rumah  Hati  dalam  menangani minimnya  minat  baca  tulis.  Di  antaranya,  menampung  Anak  Bermasalah  dengan Hukum  (ABH)  di  shalter  serta  diberi  pelatihan.  Namun  hal  tersebut  bertolak belakang  dengan  keinganan  anak-anak  tersebut.  Karena  mereka  sudah  terbiasa untuk hidup bebas dan tidak terikat oleh aturan. Dari masalah tersebut penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan softskill dengan model pembelajaran perilaku dalam menumbuhkan minat baca dan tulis anak yang bermasalah dengan hukum.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  sebagai  berikut  :  1)  perubahan  sikap menjadi lebih baik, 2) Peserta mau membuat puisi, 3) Peserta lebih percaya diri, 4) Peserta peduli bahasa Indonesia

Kata Kunci: Minat Baca tulis, Model pembelajaran perilaku, ABH, komunitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.