Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here
Abstract
Keaktifan belajar siswa sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar terutama pada bidang studi matematika. Siswa yang pasif cenderung memperoleh hasil belajar yang kurang maksimal. pada penelitian ini akan diterapkan Strategi pembelajaran Everyone Is a Teacher Here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al As’ad Brambang Diwek Jombang.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al As’ad Brambang Diwek Jombang tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam memiliki kemauan untuk maju ke depan kelas pada siklus I mencapai 61,84%, sedangkan pada siklus II mencapai 78,94%. Keaktifan dalam menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 60,52%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,57%. Menanggapi dan menjelaskan setiap pertanyaan pada siklus I adalah 59,21%, pada siklus II meningkat menjadi 77,63%. Membuat kesimpulan pada siklus I adalah 65,78%, pada siklus II meningkat menjadi 80,26%. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 66,78 dengan ketuntasan belajar mencapai 57,89%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,63 dengan ketuntasan belajar mencapai 78,95%. Jadi dengan menerapkan Strategi pembelajaran Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran,Everyone Is a Teacher Here.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.