Implementasi Cooperative LearningType Auditory Intellectually RepetitionUntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi SiswaMI Al-

Heni Kartining Tias, Ama Noor Fikrati

Abstract


Penelitian  ini  dimulai  dari  pengamatan  yang  peneliti  lakukan  terhadap  kegiatan  belajar mengajar  matematika  siswa  di  sekolah.  Peneliti  menemukan  bahwa  guru  masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam proses pembelajaran dimana hanya guru  yang  aktif,  dan  hal  ini  menyebabkan  siswa  menjadi  kurang  aktif,  sehingga  akan mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah  untuk  mendeskripsikan  peningkatan  kemampuan  komunikasi  siswa  melalui implementasi cooperative learning type auditory intellectually repetition pada siswa kelas V  MI  Al-Asy’ari  Keras  Diwek  Jombang.Penelitian  ini  berjenis  penelitian  tindakan  kelas (PTK)  dengan  dua  siklus  dan  masing-masing  dua  pertemuan  dalam  setiap siklusnya.Peneliti menggunakan metode observasi dan instrumen berupa lembar observasi kemampuan komunikasi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MI Al-Asy’ari Keras Diwek  Jombang  tahun  ajaran  2016/2017  yang  berjumah  27  siswa.  Hasil  observasi kemampuan  komunikasi  siswa  melalui  implementasi  cooperative  learning  type  auditory intellectually repetition menunjukkan bahwa indikator mengajukan pertanyaan meningkat sebesar  16%,  indikator  menjawab  pertanyaan  meningkat  sebesar  13%, indikator mengemukakan  ide  matematika  secara  tertulis  meningkat  sebesar  13%.  indikator  bekerja sama  dengan  kelompok  meningkat  sebesar  10%  dan  indikator  mempresentasikan  hasil pekerjaan  meningkat  sebesar  13%.  Jadi  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  peningkatan kemampuan  komunikasi  siswa  kelas  V  MI  Al-Asy’ari  Keras  Diwek  Jombang  melalui implementasi cooperative learning type auditory intellectually repetition.

Kata  Kunci:Kemampuan  komunikasi,  model  pembelajaran  kooperatif  tipe  auditory intellectually repetition


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.