Implementasi Cooperative LearningType Auditory Intellectually RepetitionUntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi SiswaMI Al-
Abstract
Penelitian ini dimulai dari pengamatan yang peneliti lakukan terhadap kegiatan belajar mengajar matematika siswa di sekolah. Peneliti menemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam proses pembelajaran dimana hanya guru yang aktif, dan hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif, sehingga akan mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi siswa melalui implementasi cooperative learning type auditory intellectually repetition pada siswa kelas V MI Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang.Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing dua pertemuan dalam setiap siklusnya.Peneliti menggunakan metode observasi dan instrumen berupa lembar observasi kemampuan komunikasi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MI Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumah 27 siswa. Hasil observasi kemampuan komunikasi siswa melalui implementasi cooperative learning type auditory intellectually repetition menunjukkan bahwa indikator mengajukan pertanyaan meningkat sebesar 16%, indikator menjawab pertanyaan meningkat sebesar 13%, indikator mengemukakan ide matematika secara tertulis meningkat sebesar 13%. indikator bekerja sama dengan kelompok meningkat sebesar 10% dan indikator mempresentasikan hasil pekerjaan meningkat sebesar 13%. Jadi penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa kelas V MI Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang melalui implementasi cooperative learning type auditory intellectually repetition.
Kata Kunci:Kemampuan komunikasi, model pembelajaran kooperatif tipe auditory intellectually repetition
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.