The Effectiveness Of Quick On The Draw Technique In Teaching Reading Recount Text

Lailin Nadhifah, Ima Chusnul Chotimah

Abstract


Membaca  adalah  kegiatan  pembelajaran  penting  yang  membuat  kebnaykan  siswa bosan.  Quick  on  the  Draw  (QOTD)  adalah  teknin  yang  sangat  berguna  yang menekankan  pada  kerja  kelompok  sebagai  aspek  utama  yang  harus  dilakukan  oleh siswa. Jadi, peneliti tertarik untuk menyelidiki apakah siswa yang diajar menggunakan Quick  on  the  Draw  (QOTD)  mencapai  hasil  lebih  baik  dalam  membaca  teks  recount dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional di SMP Negeri 2  Megaluh.Penelitian  inimenggunakan  rancangan  kuasi  eksperimental  khususnya nonekuivalen control grup dengan adanya grup control dan eksperimental di dalamnya. Data  penelitian  dikumpulkan  dengan  memberikan  pre-tesdan  post-tes  yang  samadan proses  pengajaran  pembelajaran  yang  berbeda.  Data  analisis  dari  penelitian  ini menggunakan ANCOVA SPSS 16.0. Dengan menghitung hasil post-tes dan pre-tesdari kedua  grup  eksperimental  dan  control  grup  didapat  F  hitung  sebesar  6.009.  Hal  ini berarti  F  hitung  lebih  besar  dibandingkan  F  kritis,  6.009  >  4.03.  Dan  signifikansi hitung sebesar 0.018 yang mana lebih rendah dibandingkan tarafsignifikansi level 0.05, 0.018  <  0.05.  Hal  ini  dapat  disimpulkan  bahwa  Quick  on  the  Draw  efektif  dalam pengajaran  membaca  teks  recount  pada  siswa  kelas  delapan  SMP  Negeri  2  Megaluh dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.

Kata Kunci: Ancova,PembelajaranMembaca,Teks Recount, Quick on the Draw.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.