Penanaman Jiwa Kewirausahaan melalui Permainan Pramuka

Nanik Sri Setyani

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  ada  dua,  antara  lain (1)  menjelaskan media permainan yang digunakan pada kegiatan Pramuka Penggalang tahun 2016 yang dapat dikaitkan dengan penanaman  jiwa  kewirausahaan;  (2)  menjelaskan kelebihan dan kelemahan media permainan yang digunakan pada kegiatan Pramuka Penggalang tahun  2016 yang  dapat dikaitkan  dengan penanaman  jiwa  kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif yang memiliki  karakteristik deskripsi  secara  langsung sebagai sumber data penelitian. Adapun langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini, antara lain  peneliti  membuat  deskripsi  atau  gambaran  mengenai  sifat  serta  fenomena  yang berhubungan dengan berbagai  hal yang akan diselidiki yaitu yang  berkaitan dengan media permainan pramuka. Hasil  penelitian  ini  antara  lain  (1)  media permainan yang digunakan pada kegiatan Pramuka Pengga lang tahun  2016 dapat  digunakan  sebagai alat  atau  media penanaman  jiwa  kewirausahaan  karena  ditinjau  dari isi  pesan,  cara menjelaskan  pesan,  dan  karakteristik  penerima pesan  sudah  tepat;  (2)  kelebihan media permainan yang digunakan pada kegiatan Pramuka Penggalang tahun  2016 yang  dapat dikaitkan  dengan penanaman jiwa  kewirausahaan adalah  (a)  permainan  Pramuka Penggalang sudah menggunakan model kerja kelompok; (b) unsur dasar penanaman jiwa kewirausahaan sudah muncul di semua permainan; (3) kelemahan media permainan yang digunakan pada kegiatan Pramuka Penggalang tahun 2016 yang dapat dikaitkan dengan penanaman  jiwa  kewirausahaan adalah  (a)  model  permainannya  belum  memberi kesempatan  untuk  bermain  maksimal  oleh  karena  kesempatan  diskusi  sebelum  bermain tidak  diberikan;  (b)  belum  diajari  untuk  membentuk  pimpinan  di setiap  permainan;  (c) permainan belum disetting harus ada kelompok yang berhasil; dan (d) belum diajari untuk mengevaluasi secara sederhana setelah bermain.

Kata Kunci: Penanaman jiwa kewirausahaan, media permainan, Pramuka Penggalang 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.