Analisis Berpikir Logis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Tingkat pendidikan di Indonesia termasuk rendah karena kurangnya siswa dalam hal pemecahan masalah matematika. Kemampuan pemecahan masalah erat dengan kemampuan berpikir logis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berpikir logis siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif tipe deskriptif. Pemecahan masalah menggunakan teori Polya. Instrumen utama adalah peneliti, pendukungnya adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah dua siswa kelas XI IPA 2 MAN 7 Jombang Tahun Ajaran 2016/2017 yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Hasil penelitian, yaitu (1) Subjek Pertama (S1). (a) Memahami masalah, subjek menyebutkan informasi, menjelaskan informasi, menyimpulkan informasi yang akan dicari. (b) Memikirkan suatu rencana, subjek, menghubungkan informasi dan menganalisanya, menyebutkan langkah yang akan digunakan, mengungkapkan strategi. (c) Melaksanakan rencana, subjek menggunakan langkah tepat, memiliki pengetahuan dan menjelaskan langkah penyelesaian, menyimpulkan jawaban. (d) Memeriksa kembali, subjek menetukan hasil akhir, memberikan hasil akhir, mengungkapkan alasan kesesuaian jawaban. (2) Subjek Kedua (S2). (a) Memahami masalah, subjek menyebutkan informasi, menjelaskan informasi, menyimpulkan informasi yang akan dicari. (b) Memikirkan suatu rencana, subjek, menghubungkan informasi dan menganalisanya, menyebutkan langkah yang akan digunakan, mengungkapkan strategi. (c) Melaksanakan rencana, subjek menggunakan langkah tepat, memiliki pengetahuan dan menjelaskan langkah penyelesaian, menyimpulkan jawaban. (d) Memeriksa kembali, subjek menetukan hasil akhir, memberikan hasil akhir, mengungkapkan alasan kesesuaian jawaban.
Kata Kunci: Berpikir Logis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Tinggi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.