stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Analisis Berpikir Logis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Matematika | Muttaqin | JOURNAL PROCEEDING

Analisis Berpikir Logis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Matematika

Zaenal Muttaqin, Jauhara Dian Nurul Iffah

Abstract


Tingkat  pendidikan  di  Indonesia  termasuk  rendah  karena  kurangnya  siswa  dalam  hal pemecahan  masalah  matematika.  Kemampuan  pemecahan  masalah  erat  dengan  kemampuan berpikir  logis.  Tujuan  penelitian  ini adalah untuk  mendeskripsikan  berpikir  logis  siswa  yang memiliki kemampuan matematika tinggi?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif tipe deskriptif. Pemecahan  masalah  menggunakan  teori  Polya.  Instrumen  utama  adalah  peneliti, pendukungnya  adalah  lembar  tes  dan  pedoman  wawancara.  Subjek  penelitian  adalah  dua siswa  kelas  XI  IPA  2  MAN  7  Jombang  Tahun  Ajaran  2016/2017  yang  memiliki  kemampuan matematika  tinggi.  Hasil  penelitian,  yaitu  (1)  Subjek  Pertama  (S1).  (a)  Memahami  masalah, subjek  menyebutkan  informasi,  menjelaskan  informasi,  menyimpulkan  informasi  yang  akan dicari. (b) Memikirkan suatu rencana, subjek, menghubungkan informasi dan menganalisanya, menyebutkan  langkah  yang  akan  digunakan,  mengungkapkan  strategi.  (c)  Melaksanakan rencana, subjek menggunakan langkah tepat, memiliki pengetahuan dan menjelaskan langkah penyelesaian, menyimpulkan jawaban. (d) Memeriksa kembali, subjek menetukan hasil akhir, memberikan hasil akhir, mengungkapkan alasan kesesuaian jawaban. (2) Subjek Kedua (S2). (a) Memahami masalah, subjek menyebutkan informasi, menjelaskan informasi, menyimpulkan informasi  yang  akan    dicari.    (b)  Memikirkan  suatu  rencana,  subjek,  menghubungkan informasi dan menganalisanya, menyebutkan langkah yang akan digunakan, mengungkapkan strategi.  (c)  Melaksanakan  rencana,  subjek  menggunakan  langkah  tepat,  memiliki pengetahuan dan menjelaskan langkah penyelesaian, menyimpulkan jawaban. (d) Memeriksa kembali,  subjek  menetukan  hasil  akhir,  memberikan  hasil  akhir,  mengungkapkan  alasan kesesuaian jawaban.

Kata Kunci: Berpikir Logis, Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Tinggi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol