stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Media Manipulatif Kemampuan Berbicara Siswa Tunagrahita di SDLB III Jombang | Harsintayana | JOURNAL PROCEEDING

Media Manipulatif Kemampuan Berbicara Siswa Tunagrahita di SDLB III Jombang

Rochmah Harsintayana, Heny Sulityowati

Abstract


Penelitian Media Manipulatif Kemampuan Berbicara Siswa Tunagrahita Ringan di SDLB Jombang,  merupakan sebuah penelitian  fokus  keterampilan  berbicara  dengan menggunakan  perantara  media  manipulatif.  Rumusan  masalah  penelitian  adalah Bagaimana  penguasaan  keterampilan berbicara pada  siswa  tunagrahita  dengan menggunakan  media  manipulatif  di  kelas  3  SDLB  Jombang.  Keterampilan  berbicara merupakan  keterampilan  yang  mengajarkan  kepada  peserta  didik  untuk  bisa  berbicara dengan  baik  dalam  melafalkan  setiap  huruf  krmudian  dimulai  dengan  kata  perkata, konsonan dan bagaiman pelafalan yang benar agar dalam berbicara tidak kesulitan dalam setiap  artikulasi  pengucapan  dengan  menggunakan  perantara  media  manipulatif  agar mempermudah  dalam  pemahaman  keterampilan  berbicara.  Tujuan  peneliti  mengkaji keterampilan berbicara siswa tunagrahita, yaitu untuk mempermudah proses pembelajaran di  kelas  dan  berkomunikasi  di  masyarakat,  yaitu  mengenalkan  bagiamana  cara pengucapan dan pelafalan yang benar menggunakan perantara media manipulatif. Peneliti memilih  satu  siswa  tunagrahita  sedang,  yaitu  Almanda  Cika  Salini  sebagai  bahan  kajian dalam  penelitian.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  yaitu, metode  deskriptif kualitatif  karena  peneliti  berusaha  mendeskripsikan  berupa  kata  yang  dilafalkan  lewat mendekte  dan  ejaan,  menirukan  kata  perkata  untuk  keterampilan  berbicara  dengan  cara pengenalan  huruf  abjad  dan  diikuti  dengan  menggunakan  wawancara.  Proses  penelitian dilakukan dengan mentranskrip sumber data berupa perekaman vidio dan wawancara yang dilakukan  pada  hari  Rabu-11-05-2016  sampai  dengan  hari  Senin-16-05-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Almanda Cika Salini  memiliki perkembangan yang  bagus  ditengarai  dengan  perbedaan  Cika  yang  lebih  mahir  dibuktikan  dengan catatan buku belajar, dalam pembelajaran keterampilan berbicara karena dengan adanya perantara  media  manipulatif.  Perkembangan  pembelajaran  dapat  diketahui  dengan mengetahui huruf abjad dan pelafalan kosa kata yang diperoleh saat berinteraksi dengan guru dam saat pembelajaran.

Kata Kunci: Media manipulatif, kemampuan berbicara siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol