Media Manipulatif Kemampuan Berbicara Siswa Tunagrahita di SDLB III Jombang
Abstract
Penelitian Media Manipulatif Kemampuan Berbicara Siswa Tunagrahita Ringan di SDLB Jombang, merupakan sebuah penelitian fokus keterampilan berbicara dengan menggunakan perantara media manipulatif. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana penguasaan keterampilan berbicara pada siswa tunagrahita dengan menggunakan media manipulatif di kelas 3 SDLB Jombang. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang mengajarkan kepada peserta didik untuk bisa berbicara dengan baik dalam melafalkan setiap huruf krmudian dimulai dengan kata perkata, konsonan dan bagaiman pelafalan yang benar agar dalam berbicara tidak kesulitan dalam setiap artikulasi pengucapan dengan menggunakan perantara media manipulatif agar mempermudah dalam pemahaman keterampilan berbicara. Tujuan peneliti mengkaji keterampilan berbicara siswa tunagrahita, yaitu untuk mempermudah proses pembelajaran di kelas dan berkomunikasi di masyarakat, yaitu mengenalkan bagiamana cara pengucapan dan pelafalan yang benar menggunakan perantara media manipulatif. Peneliti memilih satu siswa tunagrahita sedang, yaitu Almanda Cika Salini sebagai bahan kajian dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu, metode deskriptif kualitatif karena peneliti berusaha mendeskripsikan berupa kata yang dilafalkan lewat mendekte dan ejaan, menirukan kata perkata untuk keterampilan berbicara dengan cara pengenalan huruf abjad dan diikuti dengan menggunakan wawancara. Proses penelitian dilakukan dengan mentranskrip sumber data berupa perekaman vidio dan wawancara yang dilakukan pada hari Rabu-11-05-2016 sampai dengan hari Senin-16-05-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Almanda Cika Salini memiliki perkembangan yang bagus ditengarai dengan perbedaan Cika yang lebih mahir dibuktikan dengan catatan buku belajar, dalam pembelajaran keterampilan berbicara karena dengan adanya perantara media manipulatif. Perkembangan pembelajaran dapat diketahui dengan mengetahui huruf abjad dan pelafalan kosa kata yang diperoleh saat berinteraksi dengan guru dam saat pembelajaran.
Kata Kunci: Media manipulatif, kemampuan berbicara siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.