Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bolabasket (Studi Kelas V SDK Santo Yusup Surabaya)

Arnaz Anggoro Saputro

Abstract


Abstrak Dribble adalah salah satu cara membawa bola dan juga dapat membantu memindahkan bola di lapangan  dan  menjauhkan  diri  dari  penjagaan.  Jika  dalam  permainan  bolabasket  tidak  bisa dribbling maka permainan pun akan terhambat bahkan cenderung tidak dapat berjalan. Banyak metode  pembelajaran  yang  digunakan  agar  dapat  meningkatkan  kemampuan  siswa  dalam menguasai  gerak  dasar  dribble.  Akan  tetapi  dalam  kenyataaannya  masih  banyak  siswa  yang belum  mampu  menguasai  gerak  dasar  ini  dengan  metode  yang  diterapkan  oleh  para  pendidik. Untuk itu diperlukan metode lain yang mampu meningkatkan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengusai materi gerak dasar dribble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan  antara  metode  part  practice  dan  whole  practice,  untuk  mengetahui  metode  yang cocok diterapkan pada siswa.  Berdasarkan  temuan  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  pembelajaran  dengan menggunakan metode  part  practice  memberikan  dampak yang  lebih  baik  terhadap  hasil  belajar dribble yaitu sebesar 22,63 dibandinkan dengan metode whole practice sebesar 12,86%.

Kata Kunci: Gerak dasar dibble, metode part practice, metode whole practice, hasil belajar 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.