Perbandingan Metode Pembelajaran Whole Practice dan Part Practice Terhadap Hasil Belajar Dribbling Bolabasket (Studi Kelas V SDK Santo Yusup Surabaya)
Abstract
Abstrak Dribble adalah salah satu cara membawa bola dan juga dapat membantu memindahkan bola di lapangan dan menjauhkan diri dari penjagaan. Jika dalam permainan bolabasket tidak bisa dribbling maka permainan pun akan terhambat bahkan cenderung tidak dapat berjalan. Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar dribble. Akan tetapi dalam kenyataaannya masih banyak siswa yang belum mampu menguasai gerak dasar ini dengan metode yang diterapkan oleh para pendidik. Untuk itu diperlukan metode lain yang mampu meningkatkan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengusai materi gerak dasar dribble. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara metode part practice dan whole practice, untuk mengetahui metode yang cocok diterapkan pada siswa. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode part practice memberikan dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar dribble yaitu sebesar 22,63 dibandinkan dengan metode whole practice sebesar 12,86%.
Kata Kunci: Gerak dasar dibble, metode part practice, metode whole practice, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.