Perbandingan Kompetensi Strategis Siswa SD Laki-Laki clan Perempuan Peraih Medali Olimpinde Sains Tingkat Nasional dalam Membuat Persamaan

Syarifatul Maf'ulah, Dwi Juniati, Tatag Yuli Eko Siswono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan kompetensi strategis siswa SD laki-laki  dan  perempuan peraih   medali  olimpiade  sains tingkat  nasional  dalam  membuat persamaan.  Subjek penelitian  ini adalah dua siswa SD peraih medali Olimpiade Sains tingkat Nasional   dengan pertimbangan   bahwa  mereka   adalah  aset   bangsa  yang   harus   dijaga, diperhatikan  dan  bisa  dijadikan panutan  bagi  siswa  sebayanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Tes berisi sebuah persamaan awal, yaitu 18 + d = 16.  Kemudian  subyek diminta untuk  membuat  sebanyak mungkin  persamaan  yang senilai  dengan persaman  awal.  Hasil penelitian  dianalisis  berdasarkan  indikator kompetensi strategis siswa dalam membuat persamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Siswa laki-laki telah membuat sebanyak 37 persamaan dengan 15 strategi.  Sedangkan siswa perempuan  telah membuat sebanyak 33 persamaan  dengan 10 strategi.  Salah satu strategi siswa laki-laki dalam membuat persamaan adalah  dengan  mengkuadratkan kedua ruas persamaan awal,  sedangkan kansep kuadrat belum diajarkan pada  tingkat Sakolah Dasar. Kesimpulan penelitian  ini adalah kompetensi strategi siswa SD laki-laki peraih medali olimpiade sains tingkat nasional lebih baik daripada perempuan.

Kata Kunci: kompetensi strategis, membuat persamaan, olimpiade sains tingkat nasional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.