Perbandingan Kompetensi Strategis Siswa SD Laki-Laki clan Perempuan Peraih Medali Olimpinde Sains Tingkat Nasional dalam Membuat Persamaan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan kompetensi strategis siswa SD laki-laki dan perempuan peraih medali olimpiade sains tingkat nasional dalam membuat persamaan. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SD peraih medali Olimpiade Sains tingkat Nasional dengan pertimbangan bahwa mereka adalah aset bangsa yang harus dijaga, diperhatikan dan bisa dijadikan panutan bagi siswa sebayanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode tes dan wawancara. Tes berisi sebuah persamaan awal, yaitu 18 + d = 16. Kemudian subyek diminta untuk membuat sebanyak mungkin persamaan yang senilai dengan persaman awal. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan indikator kompetensi strategis siswa dalam membuat persamaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Siswa laki-laki telah membuat sebanyak 37 persamaan dengan 15 strategi. Sedangkan siswa perempuan telah membuat sebanyak 33 persamaan dengan 10 strategi. Salah satu strategi siswa laki-laki dalam membuat persamaan adalah dengan mengkuadratkan kedua ruas persamaan awal, sedangkan kansep kuadrat belum diajarkan pada tingkat Sakolah Dasar. Kesimpulan penelitian ini adalah kompetensi strategi siswa SD laki-laki peraih medali olimpiade sains tingkat nasional lebih baik daripada perempuan.
Kata Kunci: kompetensi strategis, membuat persamaan, olimpiade sains tingkat nasional
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.