Pengaruh Penerapan Strategi Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI- IPS SMA Negeri Bareng Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi card sort terhadap hasil belajar siswa kelas XI-IPS 1 SMA Negeri Bareng tahun pelajaran 2015/2016 pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi. Card Sort adalah salah satu strategi pembelajaran aktif yang merupakan pembelajaran dengan pemberian tugas dalam kerja kelompok kecil melalui kegiatan pencarian kartu, pembahasan kategori dalam kerja kelompok, dan presentasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS SMA Negeri Bareng dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-IPS 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan penerapan strategi card sort dan kelas XI-IPS 3 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang tidak diberikan penerapan strategi card sort. Jenis instrumen yang digunakan berupa tes dan analisis data menggunakan uji t. Tes dilakukan sebanyak satu kali pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tes berisi 5 butir soal dalam bentuk uraian. Hasil analisis data didapatkan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 81,22 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas kontrol yaitu sebesar 74,29. Nilai Sig. (2-tailed) 0,000, yang berarti 0,000 < 𝛼, sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima, dapat disimpukan ada pengaruh penerapan strategi card sort terhadap hasil belajar siswa kelas XI-IPS 1 SMA Negeri Bareng tahun pelajaran 2015/2016 pada materi komposisi fungsi dan invers fungsi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.