The Implementation of Raft (Role-Audience-Format-Topic) To Improve Paragraph Writing in English As a Foreign Language at The Second Semester Students of English Department at STKIP PGRI Jombang
Abstract
Di dalam kelas bahasa Inggris yang kedudukannya sebagai bahasa asing siswa belajar bagaimana menulis sebuah paragraph yang disusun dari beberapa kalimat yang sesuai dengan ide pokok. Dalam mempelajari keterampilan menulis sebuah paragraph ini mempunyai tantangan tersendiri karena harus mengetahui bagaimana menulis ide pokok yang benar, kalimat pendukung dan penggunaan tanda hubung serta kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan RAFT (Role-Audience-Format-Topic) untuk meningkatkan menulis sebuah paragraph pada kelas bahasa Inggis sebagai bahasa asing pada siswa semester kedua jurusan Pendidikan bahasa Inggris di STKIP PGRI Jombang. Metode penelitian menggunakan CAR atau penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yaitu planning (persiapan), implementing (penerapan), observing (observasi), reflecting (refleksi). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat (49%) pada studi awal (preliminary study), siklus 1 (60%) dan siklus 2 (80%) dimana semua siswa mencapai criteria ketuntasan.
Kata Kunci: RAFT, Paragraph Writing, EFL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.