stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SMASH KEDENG PERMAINAN SEPAK TAKRAW | Priyono | JOURNAL PROCEEDING

MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SMASH KEDENG PERMAINAN SEPAK TAKRAW

Ali Priyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan smash kedeng pada permainan sepak takraw dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suatu model pembelajaran terhadap hasil peningkatan keterampilan teknik smash kedeng. Sehubungan dengan itu, peneliti berinisiatif meneliti dengan menerapkan model project based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan sebuah penelitian yang memberikan perlakukan (treatment) kepada objek penelitinya. Sebelum diberikan perlakuan, terlebih dahulu melakukan tes awal untuk mengetahui hasil sebelum diberikan perlakuan serta diakhiri dengan tes akhir untuk mengetahui hasil setelah diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan smash kedeng. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan) dan dokumentasi foto. Pengolahan data dengan analisis statistik, menguji normalitas suatu data serta menganalisis data dengan menggunakan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw, sedangkan sampel yang digunakan yaitu total sampling atau sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel yang digunakan adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak takraw di SDN kartini Kota Cirebon sebanyak 20 orang. Hasil perhitungan normalitas liliefors tes awal nilai adalah 0.906 dan periode tes akhir nilai adalah 0.940 Sehingga Ho diterima. Karena nilai signifikansi Pretest dan posttest lebih besar > 0.05: uji satu pihak (pihak kanan) t hitung pada taraf ɑ 0.05 berada di luar batas interval t tabel (t hitung >  t tabel = 17.354 > 2.093 atau t hitung = 17.354 < 2.093), maka dari pada itu data tersebut telah di ketahui ada perbedan kelompok eksperimen pada tes awal dan tes akhir. Penerapan Model Project Based LearningTerhadap Keterampilan Smash Kedengyang dilakuan secara teratur memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan keterampilan smash kedeng.

 

Kata kunci :Model Pembelajaran, Project Based Learning, Smash Kedeng, Sepak Takraw

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol