stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif UntukMeningkatkan KerjasamaTim Pada Permainan Sepak Takraw | Priyono | JOURNAL PROCEEDING

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif UntukMeningkatkan KerjasamaTim Pada Permainan Sepak Takraw

Ali Priyono

Abstract


Permainan  sepak  takraw  merupakan  permainan  yang  dimainkan  oleh  dua  regu  yang  saling berhadapan  yang  menuntut  kerjasama  tim  yang  baik  agar  mampu  mematikan  lawan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kerjasama tim dalam bermain  sepak  takraw,  untuk  mengetahui  seberapa  besar  pengaruh  suatu  model  pembelajaran terhadap  hasil  peningkatan  kerjasama.  Sehubungan  dengan  itu,  peneliti  berinisiatif  meneliti dengan  menerapkan  model  pembelajaran  kooperatif  untuk  meningkatkan  kerjasama  pada permainan sepak takraw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Metode  eksperimen  merupakan  sebuah  penelitian  yang  memberikan  perlakukan  (treatment) kepada  objek  penelitinya.  Sebelum  diberikan  perlakuan,  terlebih  dahulu  melakukan  tes  awal untuk  mengetahui  hasil  sebelum  diberikan  perlakuan  serta  diakhiri  dengan  tes  akhir  untuk mengetahui  hasil  setelah  diberikan  perlakuan.  Instrumen  yang  digunakan  adalah  angket  dan observasi.  Sedangkan  teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  kuesioner,  observasi (pengamatan)  dan  dokumentasi  foto.  Pengolahan  data  dengan  analisis  statistik,  menguji normalitas  suatu  data  serta  menganalisis  data  dengan  menggunakan  uji  wilcoxon.  Populasi dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  yang  mengikuti  kegiatan  ekstrakurikuler  sepak  takraw, sedangkan  sampel  yang  digunakan  yaitu  total  sampling  atau  sampel  jenuh  sehingga  semua populasi  dijadikan  sebagai  sampel.  Sampel  yang  digunakan  adalah  siswa  yang  mengikuti kegiatan  ekstrakurikuler  sepak  takraw  di  SDN  Andir  Kidul  Kota  Bandung  sebanyak  10  orang. Aspek  yang  dinilai  dalam  permainan  sepak  takraw  dengan  model  pembelajaran  kooperatif adalah perlakuan dan proses dari unsur dan faktor kerjasama.  Berdasarkan analisis data, rank positif diperoleh lebih besar yaitu 10 dan Zhitung (-2,805) terlihat dari nilai signifikan yang lebih kecil  dari  α  =  0,05  sehingga  menolak  H0  ini  berarti  terdapat  perbedaan  kerjasama  tim  siswa permainan  sepak  takraw  yang  signifikan  antara  sebelum  dan  sesudah  diberikan  model pembelajaran kooperatif di SDN Andir Kidul Kota Bandung. Siswa yang sudah diberikan model pembelajaran kooperatif mempunyai  peningkatan  lebih  baik dibandingkan dengan siswa yang belum diberikan penerapan model pembelajaran kooperatif dalam hal kerjasama tim siswa pada permainan sepak takraw di SDN Andir Kidul Kota Bandung.

Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif, Kerjasama, Sepak Takraw 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol