Kemampuan Motorik Jingkat, Lompat, Dan Lempar Siswa Tunagrahita Ringan Usia 13- 21 Tahun SLB PGRI Badas Kabupaten Kediri

Dhedhy Yuliawan, Rahman Diputra

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Data/informasi tentang kemampuan motorik jingkat, lompat, dan lempar siswa, sebagai langkah awal menuju perbaikan kemampuan motorik  siswa. Siswa  tunagrahita  ringan  memerlukan  penanganan  yang  khusus  baik  formal  maupun  informal yang  bersifat  individual,  terprogram,  dan  terstruktur.  Sesuai  dengan  hasil  observasi  yang peneliti  temukan,  siswa  di  sekolah  luar  biasa  (SLB)  Negeri  PGRI  Badas  belum  diketahui kemampuan  motoriknya.  Kemapuan  motorik  siswa  dinilai  dari  gerakan  jingkat,  lompat  dan lempar  untuk  mengetahui  kemampuan  motoriknya.  Kemampuan  motorik  jingkat  adalah kemampuan gerak individu dalam melakukan serangkaian gerakan jingkat diantaranya melipat satu  kaki  kebelakang  dan  satu  kaki  bertumpu  dilantai,  kaki  yang  dilipat  mengayun  kebelakang untuk  menghasilkan  tenaga  dengan  posisi  lengan  dibengkokkan  dan  mengayun  ke  depan, mendarat dengan satu kaki. Penelitian  ini  dilakukan  di  Sekolah  Luar  Biasa  (SLB)  PGRI  Badas.Data  yang  dikumpulkan semata-mata  bersifat  deskriptif  sehingga  tidak  bermaksud  mencari  penjelasan,  menguji hipotesis, membuat prediksi, maupun mencari sesuatu. Dengan menggunakan subjek  penelitian siswa Tuna grahita ringan di Sekolah Luar Biasa PGRI Badasusia 13-21 tahun yang berjumlah 20  siswa.  Penelitian  ini  dilaksanakan  pada  bulan  Januari-Maret  2016.  Intrumentes  jingkat, lompat  dan  lempar  diambilkan  dari  Tes  Of  Gross  Motor  Development  (TGMD)  karya  Dale  A. Ulrich  yang  diambil  dari  buku  “Principles  And  Methods  Of  Adapted  Psysical  Education  and Recreation  9th  ed”  karya  David  Auxter,  Ed.D.  dkk.Penilaian  tes  dilakukan  dengan  mengacu pada TGMD dan hasilakan disajikan dalam bentuk kategorisasi. Hasil  analisis  data  disimpulkan  bahwa  kemampuan  motorik  jingkat  siswa  tunagrahita  ringan usia  13-21  tahun  di  SLB  PGRI  Badas  masuk  dalam  kategori  baik  sebanyak  11  Siswa  (55  %), masuk dalam kategori sedang  sebanyak  5 Siswa (25 %),  masuk dalam kategori kurang 4 Siswa  (20  %),  Sedangkan  kemampuan  motorik  lompat  Siswa  tunagrahita  ringan  usia  13-21  tahun  di SLB  PGRI  Badas  masuk  dalam  kategori  baik  sebanyak  11  siswa                (55  %),  masuk  dalam kategori sedang  sebanyak 7 siswa (35 %), masuk dalam kategori kurang sebanyak  2 siswa (10 %), Sedangkan kemampuan motorik lempar Siswa tunagrahita ringan usia 13-21 tahun di SLB PGRI  Badas  masuk  dalam  kategori  baik  sebanyak  12  Siswa  (60  %),  masuk  dalam  kategori sedang  sebanyak 6 Siswa (30 %),  masuk dalam kategori kurang sebanyak 2  Siswa (10 %). 

Kata Kunci: Kemampuan motorik jingkat, lompat, lempar dan anak tuna grahita   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.