ALAT PERAGA (RAMUAN APIT) (CARA MUDAH PEMBAGIAN POROGAPIT)

Syarifatul Maf'ulah, Hariadi Purnomo, Ifani Widia Novitasari, Ika Puji Rahayu, Galuh Dwi Cahyati

Abstract


Salah satu dasar pembuatan alat peraga matematika adalah sifat dari materi matematika yang abstrak. Selain itu juga didukung oleh teori Piaget, bahwa salah satu tahap perkembangan koginif adalah tahap operasional konkrit. Pada tahap ini, perkembangan kognitif anak masih terkait dengan hal-hal yang bersift konkrit. Adapun yang termasuk dalam kelompok tahap operasional konkrit adalah anak-anak pada usia sekitar 7 sampai dengan 11 tahun. Jika dikaitkan dengan pendidikan di Indonesia, maka berdasarkan rentang usia, siswa Sekolah dasar (SD) berada pada tahap operasional konkret.Ini berarti perlu adanya media atau alat peraga yang dapat membantu siswa SD dalam memahami konsep matematika. Dengan demikian artikel ini membahasa alat peraga matematika yaitu Ramuan Apit (caRA Mudah pembagiAN porogAPIT). Ramuan Apitmerupakan alat peraga matematika yang berfungsi mempermudahsiswa SD kelas 3 dalammemahamimateripembagian, khususnya pembagian cara porogapit.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.