EFEKTIVITAS STRATEGI BELAJAR ELABORASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS. BAHRUL ULUM GENUKWATU
Abstract
Strategi elaborasi merupakan proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna. Strategi elaborasi membantu pemindahan informasi baru dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang dengan menciptakan gabungan dan hubungan antara informasi baru dengan apa yang telah diketahui. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika pada materi garis dan sudut melalui strategi belajar elaborasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu tes/ soal tes. Soal tes dalam penelitian ini berupa tes essay dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Sedangkan analisis data menggunakan ujit sampel berpasangan. Dari hasil analisi data diperoleh Nilai sig dari output didapatkan 0,000 sedangkan nilai 𝑠𝑖𝑔 < 0,05 , sehingga 𝑆𝑖𝑔 < 𝛼, maka 𝐻 ditolak. Kesimpulan yang diperoleh adalah “ada perbedaan nilai pretest dan post test antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi belajar elaborasi pada siswa MTs. Bahrul Ulum Genukwatu” sehingga strategi elaborasi efektif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa MTs. Bahrul Ulum Genukwatu Jombang.
Kata kunci : hasil belajar, strategi elaborasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.