stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM PIDATO PEMBINA UPACARA DI SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT JOMBANG | men | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

TINDAK TUTUR REPRESENTATIF DALAM PIDATO PEMBINA UPACARA DI SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT JOMBANG

Royal men

Abstract


Penelitian yang berjudul Tindak Tutur Representatif dalam Pidato Pembina Upacara di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang merupakan sebuah penelitian yang berfokus pada tuturan yang diucapkan oleh pembina upacara dalam upacara bendera diSMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur representatif dalam pidato pembina upacara di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang dengan tujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur representatif dalam pidato pembina upacara di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Tindak tutur representatif merupakan tindak tutur yang menyatakan apa yang diyakini penutur kasus atau bukan yang berfungsi agar lawan tutur mempercayai apa yang dituturkan oleh penutur. Fungsi tindak tutur representatif dilihat dari pihak penutur adalah fungsi kompetitif, fungsi berkerja sama dan fungsi bertentangan.

 

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif karena peneliti berusaha mendeskripsikan berupa kata-kata atau kalimat wujud dan fungsi tindak tutur representatif dalam pidato pembina upacara di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan mentranskrip sumber data berupa rekaman video setiap hari Sabtu tanggal 19, 26 Maret dan 02, 09, 16, 23 April 2016.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tuturan representatif banyak digunakan dalam pidato pembina upacara di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Hal tersebut ditunjukkan dengan temuan data berupa tuturan representatif dengan jenis tindak tutur representatif fakta yang menggunakan penunjuk tempat di lapangan, penunjuk waktu hari ini tadi, menggunakan sumber terpercaya Hadist Sabrani, petunjuk tanggal 26 Maret ini. Representatif penegasan yang menggunakan repitisi (pengulangan kata) menyatakan pembukaan NCC, sekali lagi pembukaan NCC, urutan yang logis kelas sepuluh, kelas sebelas, partikel-lah berkumpulah. Representatif simpulan menggunakan inti dari semua topik pembicaraan. Representatif pendeskripsian menggunakan kata-kata yang jelas dan terperinci. Adapun fungsi dari tuturan representatif tersebut adalah kompetitif, bekerja sama dan bertentangan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol