stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MEDIA PEMBELAJARANAUDIO-VIDIO PADA SISWA KELAS VSDN PESANTREN TEMBELANGJOMBANG | Wicamari | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI MEDIA PEMBELAJARANAUDIO-VIDIO PADA SISWA KELAS VSDN PESANTREN TEMBELANGJOMBANG

Sri Wicamari

Abstract


Abstrak

Bercerita atau mendongeng merupakan media komunikasi yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi. Banyak sekali manfaat dari bercerita antara lain dapat membangun dan mengembangkan kepribadian anak. Mengingat pentingnya bercerita atau mendongeng maka penting bagi anak untuk bisa menangkap pesan cerita melalui ketrampilan menyimak. Pembelajaran menyimak di SDN Pesantren Tembelang mempunyai beberapa hambatan dalam pembelajaran, misalnya kurangnya kosentrasi siswa dalam pembelajaran menyimak, siswa sering melamun dan kadang juga ramai. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar melalui media pembelajaran audio-vidio.Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan hasil belajar pada ketrampilan menyimak yang meliputi menentukan tema, latar kejadian, amanat cerita, menceritakan kembali.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar angket. Subyek penelitian adalahsiswa kelas V sebanyak 20 siswa.Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita pendek meningkat dari siklus I ke siklus II.Pada pra siklus aktivitas belajar siswa sebesar 50% meningkat menjadi 65% pada siklus I dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80%. Hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata 55 dengan ketuntasan klasikal 40% meningkat menjadi 65dengan ketuntasan klasikal 60% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketuntasan klasikal 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio-vidio dapat meningkatkan ketrampilan menyimak cerita pendek siswa kelas V SDN Pesantren Tembelang tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan pada umumnya, khususnya bagi pembaca dan peneliti berikutnya.


Keywords


PTK , ketrampilan Menyimak, cerita pendek

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S.2009.Manajemen Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizun.2012. Kurikulum Bahan Perkuliah Prodi Stkip Jombang. Jombang: STKIP

Sudjana dan Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sianr Baru Algensindo

Tarigan, Henry guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v7i1.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol