PENINGKATAN KETERAMPILANMEMBACA PUISI MELALUI MEDIA GAMBARPADA SISWA KELAS I SDN PESANTREN TEMBELANG JOMBANG

Artining Wahyu

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lafal dan intonasi siswa dalam membaca puisi, serta mengetahui tingkatan antusias dan semangat siswa kelas I SDN Pesantren Tembelang. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi peneliti menggunakan media gambar untuk merangsang imajinasi anak. Pembacaan puisi dapat menjadikan siswa menjadi insan yang  percaya diri dan berani serta bertanggungjawab. Membaca puisi sama halnya dengan mengindahkan hasil karya sastra orang lain, selain itu dapat dikatakan menghargai hasil karya dalam bentuk mengungkapkan perasaan orang, baik dalam berbicara, membaca ataupun menyampaikan secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan lafal dan intonasi siswa dalam membaca puisi sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar maupun hasil belajar. Nilai rata-rata keterampilan membaca puisi pada pra siklussebesar 56,8 dengan ketuntasan sebesar 36,4% atau jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa.Pada siklus I  nilai rata-rata sebesar 71,6 dengan ketuntasan sebesar63,6% atau 7 siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang memenuhi tuntas yaitu sebanyak 10 siswa atau 90,9% dengan nilai rata-rata sebesar 86,7. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar70% meningkat menjadian dapati  85% pada siklus II.

 

Kata kunci : hasil belajar, lafal dan intonasi, media gambar


Keywords


hasil belajar, lafal dan intonasi, media gambar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka cipta.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo PersadaDepartemen Pendidikan Nasional, Kurikulum 2004. Keranka dasar : Jakarta.

Djojosuroto, Kinayati, 2004. Penelitian Bahasa dan Sastra. Bandung, Nuansa.

Iskandar, 2009. Metodologi penelitian kualitatif, Jakarta : CP Press.

Jalil Abdul, Dienie, 1985. Teori dan Periodisasi Puisi Indonesia. Bandung : Angkasa.

Kamidjan, M.Hum. 2004. Keterampilan Membaca.Surabaya: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Surabaya

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sumardjo, Jakob, 1986. Ikhtisar sejarah teater barat. Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa

Waluyo J. Herman, 2002. Teori dan Apresiasi Puisi, Jakarta :

Wardhani, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas terbuka.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v7i1.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/