ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI PADA NASKAH DRAMA SAMPEK ENGTAY VERSI MAHASISWA PBSI STKIP PGRI JOMBANG ANGKATAN 2012

Rofiatin .

Abstract


Wacana adalah satuan bahasa terlengkap  dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan bagi penyimak atau pembaca. Naskah  drama terdapat  dialog  antara tokoh  yang  satu dengan tokoh yang lain. Pengarang menulis naskah  drama  bukan hanya sampai tahap penceritaan sebuah peristiwa saja,  akan tetapi karya tersebut dipertontonkan  di  depan  orang banyak dan dipentaskan  di  atas panggung.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Alasan digunakannya metode ini adalah karena penelitian tentang wacana, yang didalamnya memuat unsur kohesi dan koherensi, cenderung menggunakan dua metode. Sumber data penelitian ini adalah Naskah Drama yang merupakan adaptasi dari sebuah naskah drama Sampek Engtay karya N.Riantiarno, kemudian ditulis oleh penulis Versi  Riska Ayu Larasati, Efilia Agus Anggraini dan Maya Dwi Puspitasari (Mahasiswa PBSI Angkatan 2012) dengan naskah  yang  terdiri  dari  40  halaman dan 20 babak. Adapun data yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kata dan kalimat yang mengadung aspek: (1) kohesi gramatikal (pronomina), (2) kohesi leksikal (antonimi), dan (3) koherensi (Pertentangan, perbandingan, generik-spesifik, tujuan, sebab-akibat dan rujukan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama dalam penelitian pada naskah drama sampek engtay versi mahasiswa PBSI STKIP PGRI Jombang angkatan 2012 ditemukan sarana kohesigramatikal (pronomina) sebanyak 920 kata, sarana kohesi leksikal antonimi sebanyak 23 kata, dan koherensi sebanyak 44 kata.

 

 Analisis kohesi dan koherensi ini disusun karena mengingat kohesi pada dasarnya bertujuan untuk mendapat intensitas makna bahasa, kejelasan sebuah informasi, dan keindahan bahasa. Sedangkan pemakaian koherensi bertujuan agar tercipta susunan da struktur wacana yang memiliki sifat serasi, runtut dan logis.

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/