stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
Penggunaan Adverbia Bahasa Jawa Dalam Majalah Jaya Baya Edisi Desember-Januari 2016 | . | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Penggunaan Adverbia Bahasa Jawa Dalam Majalah Jaya Baya Edisi Desember-Januari 2016

nn .

Abstract


Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota  suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri (KBBI). Percakapan atau perkataan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik menunjukkan sifat dan tabiat seseorang, baik buruk kelakuan menunjukkan tinggi rendah asal atau keturunan.

Sistem bahasa merupakan sistem lambang bunyi, bukan gambar atau tanda lain, dan bunyi adalah bunyi bahasa yang dilahirkan dari alat ucap manusia.

Manusia dapat mengungkapkan pendapatnya dengan menggunakan bahasa lisan atau bahasa tulis.

Media masa merupakan sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas (KBBI). Media penyiaran berita dapat berupa surat kabar, majalah, radio, televisi, dan lain sebagainya. Penelitian ini, perlu disoroti lebih lanjut lagi tentang surat kabar yaitu, majalah Jaya Baya. Objek majalah  menggunakan bahasa Jawa yang mudah dipahami, selain itu peneliti ingin menunjukkan kepada pembaca bahwa struktur kalimat adverbia kualitatif maupun kuantitatif  bahasa Indonesia ditemukan juga  di dalam bahasa Jawa.

Majalah Jaya Baya merupakan salah satu contoh dari surat kabar yang berupa media cetak. Perkembangan media cetak tidak hanya meliputi isi berita, tetapi juga menyangkut sisi gaya hidup, seperti media cetak yang banyak menghadirkan informasi, wawasan, dan teknologi sudah menjadi kebahasaan masyarakat. Pembaca bisa memahami bahwa media cetak yang mengikuti apa yang disampaikan dalam media cetak.

Alasan yang melatarbelakangi peneliti membahas Penggunaan Adverbia Bahasa Jawa Dalam Majalah Jaya Baya Edisi Desember-Januari 2016 adalah peneliti ingin menunjukkan kepada pembaca bahwa struktur kalimat adverbia kualitatif maupun kuantitatif  bahasa Indonesia ditemukan juga  di dalam bahasa Jawa.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol