BAHASA AKROLEK PRANATACARA DALAM PERNIKAHAN ADAT JAWA

Siswanto .

Abstract


Sosiolinguistik merupakan gabungan dari kata sosiologi dan linguistik. Sosiologi adalah kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia dalam masyarakat dan mengenai lembaga-lembaga serta proses sosial yang ada di dalam masyarakat.

            Penelitian yang berjudul Bahasa Akrolek Pranatacara dalam Pernikahan Adat Jawa ini menggunakan kajian sosiolinguistik yang meliputi wujud bahasa akrolek dan pola struktur morfologi (afiksasi). Penelitian ini menggunakan kajian sosiolinguistik karena berkaitan dengan penggunaan bahasa di dalam masyarakat. Teori ini menelaah antara hubungan bahasa dengan masyarakat. Penelitian ini meliputi wujud bahasa akrolek dan pola struktur morfologis (afiksasi) yang ada pada pranatacara temu manten yang terdapat pada video pernikahan Ganang Febriyanto dan Iva Ayu Hartiningtyas di Dusun Kakat Desa Kakatpenjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan.

            Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian sosiolinguistik (Abdul Chaer). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitiaf (Djajasudarma) untuk mendeskripsikan wujud bahasa akrolek dan pola struktur morfologis (afiksasi) yang terdeskripsikan dalam pranatacara dalam pernikahan adat jawa pada video pernikahan Ganang Febriyanto dan Iva Ayu Hartiningtyas tepatnya di Dusun Kakat Desa Kakatpenjalin Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan.

            Hasil Penelitian ini menunjukkan deskripsi wujud bahasa akrolek dan pola struktur morfologis (afiksasi) dalam pranatacara dalam pernikahan adat jawa yang terdapat pada video pernikahan adalah (1) Deskripsi wujud bahasa  akrolek dalam video pernikahan. (2) Deskripsi pola struktur morfologis (afiksasi) dalam video pernikahan.


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/