PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM NASKAH PUISI QASIDAH BARZANZI VERSI MAHASISWA PBSI STKIP PGRI JOMBANG ANGKATAN 2012

Yuyun Oktafiah

Abstract


Sastra merupakan hasil karya sastra yang di ciptakan oleh anggota masyarakat untuk di nikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Puisi adalah salah satu karya sastra yang disusun untuk mengekspresikan ide, gagasan, perasaan dan emosi dengan menggunakan kata-kata indah, yaitu melebihi bahasa sehari-hari. Dalam sebuah puisi terdapat gaya bahasa yang di ekspresikan dalam bentuk tulisan, peneliti hanya membahas satu permasalahan yaitu menganalisis gaya perbandingan.

Penelitian ini menggunakan teori kajian stilistika yang di antaranya terdapat beberapa gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan. Gaya perbandingan di bagi beberapa macam yaitu gaya bahasa simile, metafora, personifikasi, alegori, antesis, pleonasme, perifrase, antisipasi, dan korelasi.  tetapi peneliti hanya meneliti dua gaya bahasa yaitu gaya bahasa simile dan gaya bahasa metafora. Karena dalam naskah Qasidah Barzanzi ditemukan banyak data yang mengandung gaya bahasa simile dan metafora.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini berupa data tertulis bukan berupa angka yaitu naskah puisi Qasidah Barzanzi. Dengan demikian laporan penelitian akan berisi dialog yang ada dalam naskah puisi Qasidah Barzanzi versi Mahasiswa PBSI STKIP PGRI Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam naskah ini terdapat gaya bahasa perbandingan yaitu gaya bahasa simile dan gaya bahasa metafora dengan menggunakan stilistika.

Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v1i1.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia



Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/