stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKSEKSPLANASI SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI NGORO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 | Yohanes | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKSEKSPLANASI SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI NGORO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Rizky Ardidavid Yohanes, Mindhaudah Mindhaudah

Abstract


Penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon pada siklus I mengalami peningkatan daripada prasiklus. Siswa mampu memahami materi, siswa mampu menyusun teks eksplanasi sesuai urutan kejadian, dan beberapa siswa sudah mampu menggunakan kata ilmiah dalam teks eksplanasinya. Siklus II siswa mengalami peningkatan lebih signifikan, siswa mampu memperhatikan secara utuh video animasi powtoon yang peneliti tayangkan, siswa mampu menggunakan kosakata yang baik, penggunaan Bahasa lebih baik, dan isi dalam teks eksplanasi sudah mencakup kesuluruhan isi dalam video yang ditayangkan.

Hasil kerja siswa selama pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi siswa dari prasiklus dengan rata-rata 66.47, siklus I dengan rata-rata 72.57, dan siklus II dengan rata-rata 77.71. Setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II yag mengalami peningkatan baik proses dan hasilnya sehingga media pembelajaran videoa animasi powtoon ini dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon, Keterampilan Menulis, Teks Eksplanasi.


Full Text:

PDF

References


Agmiansyah, Ratu Fiara. 2016. Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Menggunakan Media Powtoon (Video Player) Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Univ Pasundan. (Online)

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

___________. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Kosasih, Engkos. 2014. Jenis-Jenis Teks, Analisis Fungsi, Struktur dan Kaidah serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran “Sebuah Pendekatan Baru”. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2006. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Restuti dan Kosasih. 2013. Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Rudi Susilana & Cepi Riyana, 2007. Media Pembelajaran hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i1.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol