STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH SANDJOJO DALAM DRAMA PENGGALI INTAN KARYA KIRDJOMULJO (Kajian Psikologi Ludwig Klages)

Yunita Alisya Wardani, Anton Wahyudi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui adanya struktur kepribadian tokoh utama Sandjojo yang terdapat dalam drama Penggali Intan karya Kirdjomuljo dengan menggunakan kajian psikologi sastra melalui teori kepribadian yang diterapkan oleh Ludwig Klages. Fokus penelitian ini yaitu analisis struktur kepribadian menurut Ludwig Klages, yakni temperamen, perasaan, dan daya ekspresi pada tokoh utama Sandjojo dalam drama Penggali Intan karya Kirdjomuljo. Temperamen adalah sifat emosi individu, kekuatan serta ketepatan bereaksi, serta perubahan suasana hati. Perasaan adalah proses batin keinginan untuk menerima atau menolak. Sedqangkan, daya ekspresi adalah dorongan-dorongan nafsu yang dimiliki oleh seseorang.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini dipilih dengan alasan bahwa pendekatan kualitatif merupakan prosedur yang digunakan penelitian untuk menghasilkan deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber dan data penelitian berupa teks drama yang diambil dari buku Sepasang Mata Indah (Kumpulan Drama Kirdjomuljo).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tokoh Sandjojo termasuk temperamen sanguinis yang keras kepala dengan tidak ingin pulang ke kampung halaman sebelum mendapatkan intan yang sangat besar, ambisius untuk menjadi seorang yang kaya raya, egois dengan tidak memikirkan orang di sekitar dan memilih bekerja sendiri agar tidak ada yang bisa memperoleh bagian dari hartanya, dan pemarah ketika ada yang menaseihatinya bahwa yang perbuatan yang dilakukan selama ini salah. Oleh karena pada orang sanguinis kerapkali timbul kebutuhan, apabila ada sesuatu yang ingin dicapai, maka apapun akan dilakukan dan hal tersebut terlihat pada tokoh Sandjojo. Memiliki perasaan ekspansif yang berupa perasaan benci dengan kampung halaman dan juga Sunarsih sebab kesalahpahaman yang tidak diterima oleh Sandjojo, perasaan dendam kepada Sunarsih sehingga berniat membununya, cemas karena Sandjojo tak kunjung mendapat intan yang selama ini diinginkannya, mudah tersinggung apabila ada yang ikut campur perihal hidupnya dan curiga kepada orang disekitarnya ketika ia berhasil mendapatkan intan. Daya ekspresi Sandjojo cenderung mudah menerima rangsangan tanpa diimbangi dengan penguasaan diri. Ia memiliki dorongan nafsu tentang harta agar bisa menjadi kaya dengan melakukan apapun meskipun akan membahayakan keselamatannya, dorongan nafsu dendam sehingga ia berniat membunuh Sunarsih dan membunuh siapapun yang akan menolongnya.

 


Full Text:

PDF

References


Azizah, Nur. 2015. Analisis Tokoh Utama dalam Naskah Drama Maaf. Maaf. Maaf karya N. Riantiarno Sebuah Kajian Teori Kepribadian Ludwig Klages. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Endraswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra.. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Khosim, Muhammad. 2015. Kepribadian Tokoh dalam Drama Penggali Intan Berdasarkan Teori Psikologi Sigmund Freud. Tidak diterbitkan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Kirdomuljo. 2006. Sepasang Mata Indah. Yogyakarta: Gama Media.

Lusiana. 2016. Struktur Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ketika Elang Kembali Ke Sarang (Kajian Psikologi Sastra). Tidak diterbitkan. Jombang: STKIP PGRI Jombang.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rendra. 2013. Seni Drama untuk Remaja. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Santosa, Eko. 2008. Seni Teater Untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. [pdf]

Setyaning, Tri Rasa. 2011. Analisis Konflik dalam Naskah Drama Stella Karya Wolfgang Von Goethe Melalui Pendekatan Psikologi Sastra. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Susanto, Dwi. 2016. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Teew, A. 1979. Sastra Dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2013. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Drama. (Online). (https://books.google.co.id, diakses 25 Mei 2018).




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i1.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
     
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/