PENGARUH MEDIA KARTU RESI ( REMI PUISI) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI MI AL MA’RUF BEYAN TAHUN AJARAN 2018

Rudi Wahyu Purnomo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran menulis puisi yang dilakukan di MI AL Ma’ruf Beyan yang belum menggunakan media dalam pembelajaran. Tanpa adanya media siswa akan merasa bosan dalam memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil menulis puisi siswa dengan menggunakan media kartu RESI yang dibuat oleh peneliti sendiri.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-tes and post-tes group. Peneliti menggunakan 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Kelas IV B dengan sampel 21 siswa sebagai kelas control dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan sampel 28 siswa. Penelitian ini menggunakan indikator menulis puisi yaitu: Diksi, Citraan, Kata Konkrit, Bahasa Kias, Rima dan Irama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: 1) pembelajaran materi menulis puisi, 2) dilakukan tes  (pre-tes) pada kelas control, 3) lembar kerja siswa dikumpulkan, 4) dilakukan tes (post-tes) pada kelas eksperimen dengan menggunakan media kartu RESI, 5) lembar kerja siswa dikumpulkan

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eksperimen media kartu RESI berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV di MI AL Ma’ruf Beyan. Secara statistik hasilnya menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel atau (1,190≥ 0,68368), maka H0 ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian media kartu RESI dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam menulis puisi.

 

 

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v6i3.1285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/