stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI I GROGOL DIWEK JOMBANG | Aprilia | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS ALAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI I GROGOL DIWEK JOMBANG

Nur Diana Aprilia, Mindaudah Mindaudah

Abstract


Penelitian tentang pengembangan buku bergambar ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dapat membantu siswa dalam menulis puisi. Selain itu, kesulitan siswa dalam menentukan tema puisi yang akan dibuat juga menjadi permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini. Melalui buku bergambar ini siswa bisa menangkap suatu ide dan mengungkapkan gagasan baru sehingga dapat menjadi stimulus dalam proses pembelajaran.Pengembangan media buku bergambar ini bertujuan untuk :1) Mengembangkan produk berupa media buku bergambar berbasis alam dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas III SDN I Grogol, 2) Menjelaskan hasil kemenarikan media buku bergambar berbasis alam dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas III SDN I Grogol, 3) Mengetahui hasil efektivitas penggunaan media buku bergambar berbasis alam dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi kelas III SDN I Grogol. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian pendidikan dengan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah dalampengembangannya.Hasil pengembangan media pembelajaran buku bergambar ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 94%, dan ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 76%. Uji coba lapangan utama mencapai tingkat kevalidan 85% yang menunjukkan bahwa media buku bergambar efektif dan menarik.Sedangkan dalam penerapan pembelajaran di kelas, hasil pre-test siswa mendapat nilai 52 dan hasil post-test siswa mendapat nilai 83. Berdasarkan analisis menggunakan uji T menghasilkan thitung 6,530 dan ttabel 1,725 yang artinya thitung > ttabel.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas 3 SDN I Grogol sebelum dan sesudah menggunakan media bukubergambar.Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media buku bergambar ini adalah diharapkan adanya penelitian tentang pengembangan media pembelajaran karya sastra selain puisi seperti prosa dan pantun.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Bergambar, Menulis Puisi, Kelas III SD/MI

Full Text:

PDF

References


Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Nurgiyantoro, Burhan.2010.Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Abidin, Yunus.2014.Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.Bandung: PT Refika Aditama

Zulela.2013.Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sstra di Sekolah Dasar.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Arifin,Zaenal.2009.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v7i3.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol