stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
POWTOON: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS | Ar | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

POWTOON: MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGAJAR MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Lailatus Sa'adah Ar, Mindhaudah Mindhaudah

Abstract


The rapid development of technology encourages teachers to get the benefit of technology using electronic media as learning media that supports learning process. Technology not only can be used in helping the learning process for students in general, but also very useful for special needs students. One of learning media that utilizes technology is Powtoon as a presentation media that can be played repeatedly for special needs students (slow learners). Powtoon is Web-based animation software that allows anyone to create animated presentations by manipulating pre-created objects, imported images, provide music and user created voice-overs. Powtoon is able to present material well through visual, text, graphic, image, photo, sound and animation capabilities. This study is a case study of learning analysis and the perception of special needs students for the use of Powtoon in Research Method Course. This qualitative research method used data collection techniques through observation and interviews. The findings show that Powtoon can help the student to understand the material and the student also gives positive response to the use of Powtoon media in helping slow learner students understand the material.

 

Keyword: Powtoon, learning media, difable learner.

 Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi mendorong pengajar untuk memanfaatkan teknologi menggunakan media elektronik sebagai media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Teknologi tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam membantu proses pembelajaran bagi mahasiswa pada umumnya, namun juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Salah satu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi adalah Powtoon sebagai media presentasi yang dapat diputar berulang-ulang bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (slow learners). Powtoon adalah perangkat lunak animasi berbasis web yang memungkinkan siapa saja membuat presentasi animasi dengan memanipulasi objek yang dibuat sebelumnya, gambar yang diimpor, menyediakan musik dan membuat suara yang dibuat pengguna. Powtoon mampu menyajikan materi dengan baik melalui kemampuan visual, teks, grafis, gambar, foto, sound dan animasi. Penelitian ini adalah studi kasus analisa pembelajaran dan persepsi mahasiswa berkebutuhan khusus terhadap penggunaan Powtoon dalam Mata Kuliah Metode Penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Powtoon dapat membantu mahasiswa memahami materi dan mahasiswa juga memberi respon positif terhadap pemanfaatan media Powtoon dalam membantu memahami materi perkuliahan.

 

Kata kunci: Powtoon, media pembelajaran, mahasiswa berkebutuhan khusus


Keywords


Keyword: Powtoon, learning media, difable learner. Kata kunci: Powtoon, media pembelajaran, mahasiswa berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Adkhar, B. I. (2015). Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Kelas 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disd Labschool Unnes (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Andriati, Y., Susanti, L. R., & Hudaidah, H. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1).

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan media powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 122-127.

Kirk, Samuel dkk. (2009). Educating Exceptional Children, Houghton Mifflin Harcourt Publishing Company, Newyork.

Mamia, Shahram dan Arayesh, Bagher (2010) “Comparative study of educational status and behavioral disorder between slow-learner and normal students of Ilam province” (Procedia Social and Behavioral Sciences 5 221–225)

Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1-8.

Sadiman, dkk. (2010). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Cetakan ke5). Jakarta: Rineka Cipta

Suharyanto dan Adele B. L. Mailangkay. (2016). Penerapan e-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya Volume 3 Nomor 4 Agustus-Desember 2016

Villar, M A. (2013). Developing a Mobile Learning Strategy. Amerika: ASTD

Gargiulo, Richard M. (2011). Special Educationin Contemporary Society 4: An Introduction to Exceptionality. SAGE Publications, Inc. : USA.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol