stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PRINSIP MAKSIM KEBIJAKSANAAN DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (KAJIAN PRAGMATIK) | A'idina | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PRINSIP MAKSIM KEBIJAKSANAAN DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (KAJIAN PRAGMATIK)

Asfa A'idina, Rusli Ilham Fadli, Yulianah Prihatin

Abstract


Prinsip kesantunan berbahasa merupakan ujaran yang membuat orang lain dapat menerima dan tidak menyakiti perasaannya berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Leech. Novel sebagai karya tulis juga harus menggunakan tataran dan percakapan  yang mencakup prinsip kesantunan berbahasa. Salah satu bentuk prinsip kesantunan berbahasa adalah prinsip maksim kebijaksanaan. Artikel ini mendeskripsikan penggunaan prinsip maksim kebijaksanaan pada dialog antartokoh dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dialog antartokoh dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis yang memuat prinsip maksim kebijaksanaan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai pada penelitian ini adalah teknik kajian isi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 27 tuturan dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis yang memenuhi prinsip maksim kebijaksanaan.

Keywords


pragmatik, prinsip maksim kebijaksanaan, novel.

Full Text:

PDF

References


Anis, Khilma. (2019). Hati Suhita. Yogyakarta: Telaga Aksara.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Silvi Khairuni. (2018). “Analisis Pragmatik Kesantunan Berbahasa Novel Ngah Lara Karya Adi Mujabir”. Dalam Repositori Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/806. Diunduh pada 17 Oktober 2019.

Hanafi, Muhammad. (2016). “Kesantunan Berbahasa Dalam Perspektif Pragmatik”. Dalam Cakrawala Indonesia. Nomor 1, Volume 1. http://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/article/view/10. Diunduh pada 18 Oktober 2019.

Supratno, Haris dan Heny Subandiyah. (2015). Folklor Setengah Lisan Sebagai Media Pendidikan Karakter Mahasiswa. Surabaya: Unesa University Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solihin, Asep. dkk. (2019). “Analisis Kesantunan Berbahasa pada Novel Me And My Heart Karya Eva Riyanti Lubis”. Dalam Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Nomor 3, Volume 2. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2778. Diunduh pada 14 Oktober 2019.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i2.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol