PROBLEMATIKA BERBICARA PADA ANAK PENDERITA GLOBAL DEVELOPMENT DELAY DI SD ISLAM ROUSHON FIKR JOMBANG

Deviana Farida

Abstract


Berbicara merupakan salah satu modal dalam proses komunikasii seseorang. Namun seseorang memiliki kemampuan berbicara masing-masing. Seseorang yang memiliki gangguan khusus dapat menimbulkan problematika dalam proses berbicaranya. Penelitian ini akan membahas tentang problematika berbicara yang terjadi terhadap seorang anak penderita global development delay. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi gangguan berbicara pada penderita tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dalam pengambilan data peneliti secara langsung mengambil data yang berupa rekaman video dan audio dari proses interaksi social penderita gangguan tersebut di SD Islam Roushon Fikr. Data pendukung lainnya merupakan hasil wawancara dengan shadow theacher atau guru pendamping anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Kemudian data tersebut disalin dlam bentuk transkrip. Simpulan dari hasil penelitian tersebut ialah seorang anak penderita gangguan global development delay atau keterlambatan perkembangan umum mengalami gangguan berbicara disebabkan syaraf pada bagian alat ucap mengalami gangguan sehingga penderita mengalami kesulitan dalam mengujarkan kata atau kalimat. Kalimat yang diucapkan pun terdengar tidak jelas, bahkan dikarenakan adanya keterlambatan perkembangan umum dalam pemahaman menangkap informasi yang diujarkan juga kurang.


Keywords


speech problems, global development delay, language selection.

Full Text:

PDF

References


Aslan. 2017. “Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”. Studia Insania, Vol. 5 No. 2.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik (Kajian Teoretik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Emzir. 2011. Metdologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Halimah, Wahyu Nor. 2018. “Penatalaksanaan Fisioterapi pada Kondisi Global Delay Development dengan Riwayat Congenital Rubella Syndrome di PNTC Karanganyar”. Surabaya:

http://eprints.ums.ac.id/64499/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. 13 Maret 2020. 10.32.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Mulyana, Salsabila Delaria dan Nuryani. 2020. “Gangguan Berbahasa Akibat Alat Ucap pada Anak Usia 9 Tahun”. Sastranesia, Vol. 8. No. 1

Prihatin dan Diastuti. 2018. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Inklusif & Solusinya. Lamongan: Pustaka Ilalang.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i3.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/