stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK TRADISI BERSIH DESA DI DESA KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI | Ucik | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KAJIAN ANTROPOLINGUISTIK TRADISI BERSIH DESA DI DESA KANDANGAN KABUPATEN KEDIRI

Nurmawati Ucik, Ahmad Sauqi Ahya

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguraikan (1) studi kebahasaan  dalam tradisi bersih desa di Kandangan, (2) studi kebudayan dalam tradisi bersih desa di Kandangan, dan (3) studi aspek lain kehidupan manusia dalam tradisi bersih desa di Kandangan. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif  kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data lisan. Narasumber dalam penelitian ini adalah Fatkur Rozik (53th), mantan kepala desa Kandangan. Data penelitian ini adalah hasil tinjauan antropolinguistik tradisi bersih desa di Kandangan, Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitiani ini  adalah  wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan  teknik triangulasi.

Hasil analasis  data yang penulis temukan, (1) studi kebahasaan dalam tradisi bersih desa di Kandangan menunjukkan adanya pemakaian istilah dalam umborampe tradisi bersih desa di Kandangan yang berupa monomorfemis, polimorfemis, dan frasa yang memiliki makna leksikal maupun makna kultural, (2) studi kebudayan dalam tradisi bersih desa di Kandangan menunjukkan adanya prosesi tradisi bersih desa di Kandangan yang meliputi tilik desa, sedekah bumi, beleh golekan, kenduren, pengajan, dan wayangan yang dilakukan secara turun-temurun karena sudah menjadi naluri masyarakat Kandangan, (3) studi studi aspek lain kehidupan manusia dalam tradisi bersih desa di Kandangan menunjukkan bahwa masyarakat desa Kandangan secara naluri meyakini tradisi bersih desa di Kandangan harus tetap lestari. Mereka memiliki keyakinan jika tradisi bersih desa tidak dilaksanakan atau dilaksankan namun tidak sesuai pelaksanaannya maka akan ada musibah bagi desa, baik masyarakatnya maupun keadaan alamnya.

 


Keywords


kajian antropolinguistik, tradisi, bersih desa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawi,SM, (2010), Harmonisasi Kearifan Lokal Dalam Regulasi Penataan Ruang,(Online), Makalah Pada Seminar Nasional ‘Urban Culture,Urban Future, Harmonisasi Penataan Ruang dan Budaya Untuk Mengoptimalkan Potensi Kota, pada http://www.penataanruang.net, (14 April 2020)

Koentjaraningrat. 1999.Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.

Koentjaraningrat.2010). Sejarah Antropologi II.Jakarta, Universitas Indonesia.

Sibarani, Robert. 2004. Antropolinguistik: Antropologi Linguistik dan Linguistik Antropologi. Medan: Penerbit Poda.

Sibarani,Robert. 2013. Pendekatan Antropolinguistik dalam Menggali Kearifan Lokal sebagai Identitas Bangsa. Prosiding The 5^th International Conference on Indonesian Studies: “Etnocity and Globalization. Icssis.files.wordpress.com (16 Maret 2020)




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v8i4.1771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol