Pengaruh Teknik Online Peer Editing Terhadap Kemampuan Menulis Essay Mahasiswa Manajemen pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia

Nur Shabrina Reznani

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui adanya pengaruh tekniki online peer editing terhadap kemampuan menulis essay mahasiswa Manajemen STIE Dwi Sakti Baturaja pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang  dibagi  menjadi pretest dan postest. Teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi online peer editing terhadap kemampuan menulis esai mahasiswa. Nilai rata-rata tes awal adalah 42,15 meningkat sebesar 14,02 menjadi 56,17 pada tes akhir. Dari hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 8,843 dan ttabel (df 62 = 1,669). Nilai thitung (8,843) > ttabel (1,669). Hasil menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran Online Peer Editing memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis essay mahasiswa Manajemen pada mata kuliah umum Bahasa Indonesia.


Keywords


Online peer editing, esai, strategi

Full Text:

PDF

References


Barkley, Elizabert, dkk. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa Media.

Kasmansyah, dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Esai Mahasiswa Universitas Sriwijaya Menggunakan Pendekatan Mind Mapping. Jurnal Logat. 3(2): 85—94.

Karegianes, Myra L. (2000). The Effects of Peer Editing on the Writing Proficiency. New York: Pearson Education Inc.

Lubis, Silvia Sandi Wisuda. (2017). Keterampilan Menulis Essai Dalam Pembentukan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pgmi Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Pionir. 6(2): 1—17.

Nunan, David. (1989). Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press

Silberman, Milel. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Sukirman, Dio Syukur. (2013). Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VIII. Bandung: STKIP Siliwangi




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/