Penerapan Metode Pemodelan Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Prosedur Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 11 Pekanbaru

Vieny Meiliani, Abdul Razak, Elvrin Septyanti

Abstract


Penelitian ini menerapkan metode pemodelan dalam pembelajaran untuk mengukur kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 SMAN 11 Pekanbaru. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis statistik inferensial. Rancangan penelitian yaitu prates dan postes satu kelompok. Teknik pengumpulan data yaitu tes essai. Hasil penelitian kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada prates berkategori rendah, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada prates tidak ada perbedaan yang signifikan, penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran dilakukan secara daring terdapat beberapa kendala namun dikategorikan cukup baik dengan bukti adanya perubahan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 pada postes berkategori tinggi, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan peringkat skor pada postes tidak ada perbedaan, kemampuan menulis paragraf prosedur siswa kelas XI IPS 1 berdasarkan hasil prates dan postes terdapat perbedaan rata-rata, prates 93,5 dan postes 558,2.


Full Text:

PDF

References


Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Nurjamal, Daeng. Warta Sumirat., dan Riadi Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Razak, Abdul. 2017. Metode Riset: Menggapai Mixed Methods Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pekanbaru : Ababil Press.

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i2.1847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/