stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PERBANDINGAN UNSUR BATIN PUISI PADA SUATU HARI NANTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN PUISI SUATU SAAT NANTI KARYA KIM SOWOL | Maulidyarsih | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PERBANDINGAN UNSUR BATIN PUISI PADA SUATU HARI NANTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN PUISI SUATU SAAT NANTI KARYA KIM SOWOL

Yovitan Maulidyarsih, Dian Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan analisisis perbandingan unsur batin puisi pada penyair Indonesia dan penyair Korea. Dua puisi yang dibandingkan  dilihat dari segi makna dan perasaan penyair dengan melihat bahasa, latar belakang hidup penulis di dua negara yang berbeda. Penelitian puisi memakai studi kepustakaan dengan metode deskriptif kualitatif, teknik simak dan mencatat. Puisi-puisi ini dijadikan sebagai objek penelitian atau data utama. Hasil Perbandingan puisi keduanya memiliki persamaan yaitu pada makna judul puisi. Perbedaan pada kedua puisi adalah Puisi Sapardi bertema kesetiaan sedangkan puisi Kim Sowol melupakan seseorang. Untuk nada, puisi Sapardi menenangkan dan meyakinkan pembaca sedangkan puisi Kim Sowol berisi kekesalan dan rasa kecewa dengan seseorang. Perasaan penyair dalam puisi Sapardi menggambarkan kesedihan sedangkan Kim Sowol tentang kekecewaan. Amanat puisi Pada Suatu Hari Nanti berpesan agar pembaca tidak usah khawatir apabila penyair pergi. Sedangkan puisi Suatu Saat Nanti memiliki pesan supaya melupakan seseorang yang telah mengecewakan kita. Hasil penelitian menghasilkan bahwa puisi-puisi tersebut memiliki persamaan dalam judul puisi dan perbedaan pada tema, nada, perasaan dan amanat.

Kata kunci: Puisi, Unsur Batin,  Makna


Full Text:

PDF

References


Damono, S. D. (2015). Hujan Bulan Juni. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Darlis. (2016). Struktur Batin Lima Puisi Chairil Anwar dalam Kumpulan Puisi Aku Ini Binatang Jalang. Jurnal Bastra, 1-12.

Rim, C. Y. (2007). Puisi Buat Rakyat Indonesia: Kumpulan Puisi 25 Penyair. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sari, I. P. (2021). Perbandingan Unsur Batin Kumpulan Puisi Luka Kata Karya Candra Malik Dengan Kumpulan Puisi Menyelamimu Karya Agung Setiawan S. Jurnal KIBASP, 160-176.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i4.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol