stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BACA SELAMA PANDEMI COVID-19 | Puspitasari | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MINAT BACA SELAMA PANDEMI COVID-19

Indah Puspitasari

Abstract


Masa pandemi merupakan masa transisi manusia terhadap penyebaran virus yang mampu merenggut nyawa umat manusia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap sifat, interaksi, sosial, ekonomi dan pembatasan aktifitas antar manusia dalam menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Penyebarannya mampu mempengaruhi aktivitas di dunia pendidikan. Pendidikan sebagai media penyampaian ilmu pengetahuan dengan peserta didik yang banyak mampu diindikasikan sebagai tempat penyebaran  covid-19 di lingkungan sekolah. Masalah ini sangat mengubah cara kerja guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa yang dulunya secara tatap muka, kini dilakukan secara daring. Dampak dari pandemi terhadap pembelajaran siswa di SD Negeri Tanggungkramat seperti: minat baca siswa menurun, keinginan belajaran siswa berkurang, tugas atau PR siswa kebanyakan dikerjakan oleh orang tuanya. Perilaku tersebut secara berkesinambungan meminta bantuan mengerjakan tugasnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini mempergunakan penelitian pustakawan untuk kajian teoritis, referensi serta literatur ilmiah lainnya yang berkaitan dengan budaya, nilai dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Solusi yang bisa diberikan dari pemerintah dalam menanggulangi pendidikan di tengah pandemi dengan mempergunakan pembelajaran secara daring seperti google classroom. Google classroom memberikan fasilitas bagi guru dan siswa dalam menyampaikan materi, tugas dan kuis. Fitur ini membantu guru dalam penyampaian materi secara daring tanpa mengurangi rasa tatap muka dari guru ke siswa seperti dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia akan lebih optimal disampaikan secara tatap muka dan lebih optimal di tangkap oleh siswa. Penggunaan google classroom sebagai media penyampaian materi, tugas dan kuis ke siswa diharapkan mampu memberikan minat baca serta antusias siswa yang lebih baik di masa pandemi.


Keywords


Covid-19, Minat Baca, Google Classroom, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustin, D. (2014). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Waru Tahun Aajaran 2013/2014. Electronic Theses and Desertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 55, 3909. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/31003/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033

Aprilia, F., Lustyantie, N., & Rafli, Z. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Berpretasi Mahasiswa Universitas Bina Darma Di Era Teknologi Iinformasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 139–145.Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas- ps/article/download/16868/9155

Asrin, F., & Sholikhin, A. (2020). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Tengah Dampak Penyakit Virus Corona-19 Bagi Pengajar. Jurnal Borneo Akcaya, 6(1), 93–102. Retrieved from http://jurnal-litbang.kalbarprov.go.id/index.php/litbang/article/view/159 /96

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. Retrieved from http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194/125

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 880–889.Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/ article/view/476/pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1–11. Retrieved from http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371–378. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Hartatik, T., Hidajat, D., & Exacta, A. P. (2021). Analisis Keefektifan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 40. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1376

Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Google Classroom sebagai Bentuk Self- Development Siswa Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Jurnal Intelegensia, 8(2), 85–97. Retrieved from https://ejournal. unisnu.ac.id/JI/article/view/1414/pdf

Iswatiningsih, D., Fauzan, Dluhayati, & Lestari, Y. K. (2020). Efektivitas pembelajaran bahasa indonesia daring di masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa smp. Diglosia Jurnal Pendidikan Kebahasaan Dan Kesusastraan Indonesia, 5(1). Retrieved from http://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/ article/view/2853

Lutfi, Sumardi, A., Farihen, & Ilmia, G. (2020). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8069

Narendra, A., Subkhan, E., Mukhibad, H., Salam, S., & Purwinarko, A. (2021). Alternatif Perangkat Lunak Pendukung Belajar Di Rumah dan Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 122–130. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/27453/11581

Nisak, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Aplikasi Google. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 75–80. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/41224/

Nurmaliah, S., & Nursyamsiah, N. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Media Pembelajaran Daring Pada MataPelajaran Bahasa Indonesia. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 142–152. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/klitika/ article/view/1126/pdf

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 197–205. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/rekayasa/article/view/5904/4654

Sholeh, M., Murtono, & Masfuah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio, 7(1), 134–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Sumardi, A., & Banowati, S. P. (2020). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/ article/view/8060/4823

Umroh, I. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(1), 14–27. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/39275/34375

Yoni, E. (2020). PENTINGNYA MINAT BACA DALAM MENDORONG KEMAJUAN DUNIA PENDIDIKAN. Inovasi Pendidikan, 7(1),13–20.Retrieved from https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2237/1 772




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v9i4.2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol