GANGGUAN BERBAHASA LATAH DI DESA BUKIT HAGU KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA

Istiqamah Istiqamah, Yulianah Prihatin, Nurlima Saputri

Abstract


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini berkenaan dengan analisis gangguan berbahasa orang berperilaku latah di Desa Bukit Hagu Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana bentuk lingual bahasa latah berdasarkan jenis latah pada masyarakat di Desa Bukit Hagu Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, dan mengindentifikasi  faktor  penyebab masyarakat di Desa Bukit Hagu Kabupaten Aceh Utara berperilaku latah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Bukit Hagu. Teknik pengumpulan data, dilakukan dengan wawancara, teknik simak, rekam, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk lingual latah yang peneliti temukan adalah (a) Kodok kodok kodok pakde ; (b) awas kaki seribu dip ehh awas kaki seribu dip  ; (c) hah ada pacat hah ada pacat ; (d) ehh monyet ehh monyet ; (e) ihh bibik ada ubanya ihh bibik ada ubanya ; (f) wihhh jumpa uang wihh jumpa uang ; dan (g) derrr derrr derrr. (2) Gangguan berbahasa latah yang ditemukan ermasuk jenis latah echolalia. (3) Gangguan berperilaku latah bukan hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga terjadi pada laki-laki.


Keywords


gangguan berbahasa, latah

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2016). Psikolinguistik : Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia.

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Destriyanti, dkk. 2020. Psikogenik Latah di Desa Kandris Kecamatan Banua Lima Kalimantan Tengah. Jurnal Stilistika Bahasa Sastra dan Pengajarannya,Vol 5(2), 2020, hlm 246-255.

Fatmawati, N. P., & Mintowati. (2018). Gangguan Berbahasa Jenis Psikogenik Latah :

Studi Kasus di Desa Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Sapala, Vol 5, No.1.

Hariyanto, B., Wibisono, B., & Kusnadi. (2013). Perilaku Berbahasa Latah Warga Desa Jatigono Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Sebuah Kajian Psikolinguistik. Jurnal Publika Budaya, Vol 1, hlm 1–11.

Prihartono, Wawan. 2017. Indentifikasi Tuturan Latah: Pendekatan Fonetik Akustik. Jurnal Madah, Vol 8(2), 2017, hlm 161-176.

Rois, Habib. 2020. Digitalisasi Tuturan Psikogenik Latah Kajian Fonetik Akustik. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5(1), 2020, hlm 39-50.

Tanjung, Andi Saputra, and Syahron Lubis Gustianingsih. 2019. Kajian Psikolinguistik Terhadap Bentuk dan Fungsi Lingual Latah: Studi Kasus Warda Medan. Jurnal Medan Makna, Vol 17(2), 2019, hlm 144-156.

Wildan, dkk. Gangguan Berbicara Psikogenik Pada Penderita Latah. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 7(2), 2020, hlm 59-77.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/