stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PERBANDINGAN CITRA PEREMPUAN DALAM CERPEN “NOL-DREAM LAND” KARYA DJENAR MAESA AYU DAN CERPEN “SANG PUTRI” KARYA IRENA IOANNIDOU ADAMIDOU | Saskia | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PERBANDINGAN CITRA PEREMPUAN DALAM CERPEN “NOL-DREAM LAND” KARYA DJENAR MAESA AYU DAN CERPEN “SANG PUTRI” KARYA IRENA IOANNIDOU ADAMIDOU

Febi Saskia, Dian Hartati

Abstract


Tujuan penelitian mengungkapkan persamaan dan perbedaan dalam cerpen “Nol-Dream Land”karya Djenar Maesa Ayu dan cerpen terjemahan “Sang Putri” karya Irena Ioannidou Adamidou. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sastra bandingan. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka. Langkah-langkah penelitian: membaca secara menyeluruh kedua cerpen, mengaitkan data yang diperoleh menggunakan teori citra perempuan dalam aspek sosial, setelah itu manarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Persamaan pada kedua cerpen tersebut menunjukan citra perempuan sebagai tokoh anak perempuan dalam sebuah keluarga yang menerima perjodohan yang dilakukan oleh orang tuanya. Perbedaan kedua cerpen tersebut yaitu pada citra perempuan dalam keluarga sebagai istri pada cerpen “Nol Dream Land” yaitu istri yang dipoligami karena mandul tetapi tetap mempertahankan rumah tangganya. Sedangkan citra perempuan dalam keluarga sebagai istri pada cerpen “Sang Putri” yaitu tidak dapat menentang semua perbuatan suaminya yang telah menghancurkan hidupnya. Adapun citra perempuan dalam masyarakat pada cerpen “Nol Dream Land” yaitu mempunyai semangat bekerja. Sedangkan citra perempuan dalam masyarakat pada cerpen “Sang Putri” yaitu tidak mempunyai keberanian untuk meminta bantuan kepada orang lain.


Keywords


citra perempuan, cerpen, sastra bandingan

Full Text:

PDF

References


Arizona, R. D., Gani, E., & Arief, E. (2013). Citra Perempuan dalam Novel Kekuatan Cinta karya Sastri Bakry. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 104–110.

Ayu, D.M. (2017). SAIA. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Esten, M. (2020). Kesusastraan Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: ANGKASA.

Fita, W. O., & Badara, A. (2021). Citra Perempuan dalam Novel Air Mata Cinta Karya Shineeminka. Jurnal BASTRA (Bahasa Dan Sastra), 6(1), 58–70.

Kurnia, A. (2014). Penerjemah Sastra, Sebuah Pandangan. Diakses dari https://intersastra.com/blog/penerjemah-sastra-sebuah-pandangan

Kurnia, A. (2021). Sirkus Kuda Tante Rosa. Yogyakarta: DIVA Press.

Nabor, Y. J., & Danu, A. K. (2019). Penggambaran Kelas Sosial dalam Kumpulan Cerpen Perjalanan Mencari Ayam Karya Armin Bell Kajian Sosiologi Sastra Marxis. PROLITERA: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 113–122.

Putri, R. S., Abdurahman, A., & Nasution, B. (2013). Citra Tokoh Wanita dalam Novel Aku Bukan Budak Karya Astina Triutami. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 32–41.

Rahadian, L. (2020). Kajian Stilistika Terhadap Metafora dan Imaji dalam Kumpulan Lirik Lagu Karya Iwan Fals serta Relevansinya dengan Tuntutan Bahan Ajar Kurikulum 2013 di SMK. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 30–44.

Rahayu, U., & Andalas, M. I. (2020). Diksriminasi terhadap Perempuan Dalam Novel Sunyi di Dada Sumirah Karya Artie Ahmad. Jurnal Sastra Indonesia, 9(1), 11–20.

Wardani, H. I. K., & Sudaryani, R. R. S. (2020). Citra Perempuan dalam Novel" Kala" Karya Stefani Bella dan Syahid Muhammad. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(2), 164–172.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol