PRINSIP SOPAN SANTUN BERBAHASA SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA AL FALAH KOTA JAMBI

Dwi Oktavia, Herman Budiyono, Priyanto Priyanto

Abstract


Prinsip Sopan Santun Berbahasa Siswa dan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Al Falah Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip sopan santun berbahasa siswa dan guru pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al Falah Kota Jambi dengan melihat bagaimana tuturan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Metode dan pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif.  Data penelitian ini merupakan tuturan siswa dan guru pada saat proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA Al Falah Kota Jambi. Data penellitian diperoleh dengan menggunakan teknik simak, catat lapangan, dan merekam. Uji validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Hasil pematuhan sopan santun dalam pembelajaran bahasa Indonesia berjumlah 16 tuturan. Pada penelitian ini prinsip sopan santun berbahasa dalam pembelajaran lebih dominan pada maksim kearifan dan maksim kesepakatan.

Kata kunci : pragmatik, sopan santun , pembelajaran bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustina, L. & Chaer, A. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal Jakarta: Rineka Cipta.

Ainah, S., & Adawiah, R. (2016). Strategi Guru PKn Menanamkan Karakter Sopan Santun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Diani, Y. (2020). Implementasi Prinsip Sopan Santun Dalam Berdiskusi Siswa Kelas Viii H Smp N 17 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP).

Krisdayanti, R. (2020). Penerapan Prinsip Sopan Santun dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas VIII B SMP Negeri Satu Atap Desa Awin (Doctoral dissertation, Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Leech, G. (1993). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Mardiah, N. Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII J SMP Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL Pemanfaatan Prinsip Sopan Santun Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa Kelas VIII 8J SMP Negeri 11 Kota Jambi.

Ningrum, I. W., Andayani, A., & Mulyono, S. (2017). Analisis Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Kelas Siswa SMA Negeri 7 Surakarta. BASASTRA, 5(1), 127-143.

Rahardi, R. K. (2005). Pragmatik: kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Erlang-ga.

Rahardi, R. K. (2009). Sosiopragmatik.Yogyakarta: PT. Gelora Aksara Pratama Rordakarya.

Rakasiwi, A. R., Putrayasa, I. B., & Suandi, I. N. (2014). Penerapan prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan saintifik oleh siswa kelas IV SD Jembatan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. (2012). Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Dalam Kum-pulan Cerpen 9 Dari Nadira Karya Leila S. Chudori (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Tarigan, G.H. (1986). “Pengajaran Pragmatik”. Bandung: Penerbit angkasa Ban-dung.

Wiryotinoyo, M. ( 2006). Analisis Pragmatik dalam Penelitian Bahasa. Malang: Riyanto, U. (2013).

Wiryotinoyo, M. (2010). Implikatur Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar. Ma-lang: Universitas Negeri Malang Prees.

Yule, G. (1996). Pragmatics. New York: Oxford University Press. Terjemahan. Wahyuni, I, F. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/