PENAMAAN PADA NAMA WARKOP DI KAWASAN KESAMBEN (SEBUAH KAJIAN SEMANTIK)

Eva Eri Dia, Windhi Tri Anggari, Aang Fatihul Islam

Abstract


Nama bisa dikatakan sebagai sebuah harapan, oleh sebab itu setiap orang tidak akan sembarangan dalam memberikan nama-nama tertentu untuk melabeli sesuatu. Hal ini terlihat pada penamaan nama dari sebuah usaha atau bisnis, salah satunya terlihat dari nama Warkop yang ada di Kawasan Kesamben. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 8 warkop yang berada di Kawasan Kesamben yang mempunyai nama unik. Data kemudian diaalisis sesuai dengan kajian semantik dan tentunya hal yang melatarbelakangi penamaan warkop. Hasil penelitian menunjukkan Nama dalam dunia usaha menjadi salah satu sarana promosi dan daya tarik bagi calon konsumen. Nama-nama muncul dari kehidupan manusia yang beragam. Nama merupakan dari kata untuk menyebut tempat, binatang dan makanan.


Keywords


semantik, makna, penamaan

Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2017). Penggunaan Nama Kota Sebagai Nama Domain Jakarta. Jurnal Sosiohumaniora, Bandung. Universtas Padjajaran. volume 19 Nomor 01.

Aprillisa, Erriva. (2020). Penggunaan Nama Unik Pada Coffe Shop Berdasarkan Kajian Semantik. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Chaer, Abdul. (1995). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, Fatimah. (2008). Semantik 1, makna leksikal dan Gramatikal. Bandung : PT. Refika Aditama

Irawan, Windo Dicky. (2020). Analisis Semantik pada Penamaan Diri Mahasiswa Diprogram Studi Pendidikan Jasmani Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Jurnal UMKO. Kotabumi, Vol 18, No 1.

Kusumaningtyas, Wibisono dan Kusnadi. (2013). Penggunaan Istilah Makanan dan Jajanan Tradisional pada Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi Sebuah Kajian Etnolinguistik. Jurnal Publika Budaya, Jember, Universitas Negeri Jember, Volume 01 Nomor 01

Resmini, Novi. (2012). Unsur Semantik dan Jenis Makna. Buku Elektronik

Riyani. (2017). Kajian Semantik Nama Panggilan Unik dan Menarik pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Guniwang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi. Purwokwrto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Setiapani. (2015). Fenomena Penggunaan Nama-Nama Unik pada Makanan di Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sholehah. (2015). Penamaan dan Makna Asosiatif pada Nama-Nama Kuliner Unik di Surabaya. Skrispi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Simanjuntak. (2019). Penggunaan dan Makna Nama Makanan Khas di Wilayah Surabaya. Skrispi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Syafaat, Asep. (2012). Penamaan dan Pendefinisian (online) http://syafaat-syifa.blogspot.com, diakses, 02 November 2021

Tantrapuan. (2009). Penamaan, Pengistilahan dan Pendefinisian (online) http://tantrapuan.wordpress.com, diakses, 02 November 2021




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/