stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MERASA PINTAR, BODOH SAJA TAK PUNYA KARYA RUSDI MATHARI ( ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA) | Handayani | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MERASA PINTAR, BODOH SAJA TAK PUNYA KARYA RUSDI MATHARI ( ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA)

Charin Setya Handayani, Titik Sudiatmi, Suparmin Suparmin

Abstract


Abstract

This research aims to describe how the character in the main character and also the structure of his personality, especially in relation to character education in the novel by Rusdi Mathari entitled "Feeling Smart, Stupid Only Tak Have" which was analyzed using the literary psychology approach of Sigmund Freud (Id, Ego, Superego), character education itself is the basis for starting a stage of individual learning. The method used in this study is a qualitative descriptive method using a critical discourse analysis approach, which is an approach that leads that knowledge is obtained from social interaction. The data source used is one of the novels by Rusdi Mathari, the data used are the words and sentences used by the author to describe the main character taken in terms of character education. The main character in this novel is an old village resident who is considered by the residents as an insane parent, namely Cak Dlahom, but the assessment of the surrounding residents is different from what the author describes in his writing.

Keywords: Ideology of character education, Novel, Main Character, Literary Psychology

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana karakter pada tokoh utama dan juga struktur kepribadiannya, khususnya dalam hubungannya dengan pendidikan karakter dalam novel karya Rusdi Mathari yang berjudul “ Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya” yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud (Id, Ego, Superego), pendidikan karakter sendiri merupakan landasan untuk memulai suatu tahap belajar individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan analisis wacana kritis, yaitu merupakan pendekatan yang mengarah bahwa pengetahuan didapatkan dari interaksi sosial. Sumber data yang digunakan adalah salah satu novel karya Rusdi Mathari, data yang digunakan merupakan kata-kata dan kalimat yang digunakan penulis untuk mendeskripsikan tokoh utama yang diambil dari segi pendidikan karakternya. Tokoh utama dalam novel ini merupakan seorang penduduk kampung tua yang dianggap warga sebagai orangtua kurang waras yaitu Cak Dlahom, akan tetapi penilaian warga sekitarnya berbeda dengan apa yang penulis gambarkan dalam tulisannya.

Kata Kunci : Ideologi pendidikan karakter, Novel, Tokoh Utama, Psikologi Sastra


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Feist,Jess & Greogory J. Freist. 2017. Teori Kepribadian. Edisi 8 Buku 1. Jakarta : Salemba Humanika

Lizawati. (2016). Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan yang Berbasis Multikultural. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(9), 1689–1699.

Rokhmansyah,Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perknalan Awal terhadapilmu sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu

Syahrul, S. (2018). Kritik Ideologi Pendidikan Karakter Dalam Masyarakat Demokrasi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 58–66. http://seminar.umpo.ac.id

Syariati, Ali. 1993. Ideologi kaum intelektual : Suatu Wawasan Islam. bandung : Mizan. 2012. Sosiologi Islam : Pandangan dunia Islam dalam Kajian Sosiologi untuk Gerakan Sosial Baru. Yogyakarta : Ruasyanfikr Institute.

Syawal, S., & Helaluddin. (2018). Psikoanalisis Sigmund Freud dan Implikasinya dalam Pendidikan. Academia.Edu, March, 1–16. http://www.academia.edu/download/60642918/Psikoanalisissigmudfreud20190919-88681-dfxtxf.pdf

O'neil, William F.(2008). IdeologiI-Ideologi pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Yuliani, wiwin. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol