PESAN DAKWAH DALAM WEB SERIES ASSALAMUALAIKUM DI APLIKASI VIDIO

Farah Annisa Hardasari, Irwan Baadilla

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pesan akidah, akhlak, dan ibadah dalam web series Assalamualaikum yang tayang di aplikasi Vidio. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika dari Roland Barthes. Sumber data penelitian ini yaitu web series yang berjudul Assalamualaikum dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berkaitan dengan pesan dakwah yaitu akidah, akhlak, dan ibadah dalam web series Assalamualaikum. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa web series ini terdapat pesan dakwah yang tersampaikan melalui peran empat tokoh utama, yaitu Zidan, Mandy, Anisa, dan Rasya.; (1) pesan akidah yang ditemukan dalam web series semuanya membahas tentang beriman kepada Allah SWT dan iman kepada qada dan qadar, (2) pesan akhlak, tentang akhlak kepada Allah, menghormati orang tua, menghormati guru, sopan santun saat bertamu, bersikap rendah hati, menjaga pandangan, saling membatu, dan berperilaku baik terhadap sesama, (3) pesan ibadah yang didapati tentang berwudu, melaksanakan salat, dzikir, bersedekah, berdoa, membaca al-quran, bersyukur, dan tahmid.

 

Kata kunci: Pesan Dakwah, Web Series, Semiotika


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Q. (2019). PENGANTAR ILMU DAKWAH. CV. Penerbit Qiara Media.

Ali, A. Z., & Nasruddin, N. (2017). Pesan Dakwah dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa (Studi Semiotika terhadap Film Karya Guntur Soeharjanto). Dirosat : Journal of Islamic Studies, 2(1), 93. https://doi.org/10.28944/dirosat.v2i1.65

Asror, A. (2018). PARADIGMA DAKWAH (KONSEP DAN DASAR PENGEMBANGAN ILMU). LKiS.

Husna, K., & Arif, M. (2021). Ibadah Dan Praktiknya Dalam Masyarakat. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 143–151.

Jannah, N., Yaya, & Ridwan, A. (2020). Web Series Sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Vol. 5(1), 92–111.

Mamdud, R. (2019). Dakwah Islam di Media Massa. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 47. https://doi.org/10.31764/jail.v3i1.1366

Mubarok, A. (2020). PESAN DAKWAH DALAM FILM ADA SURGA DI RUMAHMU ( Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce ). Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah Dan Ushuluddin), 5(2), 74–92.

Rizki, M. S., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2020). Perilaku Positif Pada Komunikasi Antarpribadi Dalam Tayangan Web Series Janji (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Komunikatio, 6(2), 59–64. https://doi.org/10.30997/jk.v6i2.3023

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA.

Supiandi, H. (2020). Dakwah Melalui Film Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Film “Sang Kiai” Karya Rako Prijanto. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2), 109. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.805

Syobah, N., & Samarinda, S. (2020). Konstruksi Media Massa Dalam Pengembangan Dakwah (Nurul Syobah) KONSTRUKSI MEDIA MASSA DALAM PENGEMBANGAN DAKWAH. 153–168.

Wahyuningsih, S. (2019). FILM &DAKWAH (Memahami representasi pesan-pesan dakwah dalam film melalui analisis semiotik). Media Sahabat Cendekia.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/