PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI TEKS DRAMA SISWA KELAS VIII MTS ABI HUROIROH PERAK JOMBANG MELALUI MODEL ROLE PLAYING
Abstract
Apresiasi drama merupakan salah satu bentuk dalam apresiasi sastra. Hal ini perlu adanya model yang dapat mengembangkannya. Penelitian ini mendidik dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal karya apresiasi drama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII MTs Abi Huroiroh dalam mengapresiasi drama. Penelitian ini menggunakan model role playing atau bermain peran yang dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Abi Huroiroh Perak Jombang. Mengapresiasi drama melalui model role playing sangat tepat pada aspek berbicara dalam hal memerankannya , mendramatisasikan teks naskah drama. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti yang difokuskan pada sistem kelas dngan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru , sehingga hasil belajar semakin meningkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII MTs Abi Huroiroh dalam mengapresiasi drama melalui model role playing menghasilkan sangat baik, banyak siswa yang sangat antusias dalam memerankannya.
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin, 2009.Pengantar Apresiasi Karya Sastra.Bandung. Sinar Baru Gensido.
Arikunto,Suharsini, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Damono, Sapardi Djoko, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI). Jakarta : Pusat Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Endaraswara , Suwardi, 2003. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Widyatama.
Hamalik , Oemar, 2002. Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem.Jakarta : PT Bumi aksara.
Hamalik, Oemar, 1994. Media Pendidikan ,Bandung : Citra Aditya Bakti.
Huda , Miftahul, 2003. Model –model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda , Miftahul, 2003. Model –model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta :pustaka pelajar
Meleong, 2010.Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung:PT . Remaja Rosda Karya.
Nurgiantoro, Burhan, 1994. Teori Pengkajian Fiksi. Jakarta : Gajah Mada University.
Sagala, Syaiful , 2003. Konsep Dari Makna Pembelajaran.Bandung : PT Alfabeta.
Santoso,Eko , dll, 2008. Semi teater jilid I untuk SMK.Jakarta : Direktorat pembinaan SMK.
Supardi, 2009.Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i2.2495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/