PENERAPAN MAKSIM KESANTUNAN TINDAK TUTUR SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA

Anesya Navera, Akhyaruddin Akhyaruddin, Andiopenta Purba

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penerapan maksim kesantunan berbahasa siswa dan guru pada pembelajaran teks drama siswa kelas VIII MTsN 2 Kerinci. Masalah pada penelitin ini adalah bagaimana bentuk penerapan maksim kesantunan berbahasa siswa dan guru pada pembelajaran teks drama siswa kelas VIII MTsN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik simak bebas cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Subjek dari penelitian ini berupa peristiwa tindak tutur berbahasa siswa dan guru pada pembelajaran teks drama siswa Kelas VIII MTsN 2 Kerinci. Data dari penelitian ini menunjukkan adanya pematuhan dan pelanggaran maksim kesantunan berbahasa. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa kondisi tindak tutur siswa di MTsN 2 Kerinci masih kurang bagus. Beberapa dari mereka masih membedakan cara berbicara dengan guru dan dengan teman-temannya. Mereka hanya bertutur sesuai kemampuan mereka tanpa ada proses pemilihan kata yang tepat digunakan dalam berbicara.


Keywords


Kata Kunci: Penerapan Maksim, Tindak Tutur, Teks Drama

Full Text:

PDF

References


A Akhyar. (2017). Strategi Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Peminimalan Beban dan Paksaan di Kalangan Warga Kampus Universitas Jambi. Pena, 6 (2).

A Akhyaruddin, P Priyanto, A Agusti. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Debat Publik Calon Bupati Kabupaten Kerinci Tahun 2018. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 7 (2), 95-108, 2018.

A Setyonegoro, A Akhyaruddin, H Yusra Analisis Teori-teori Kesantunan Berbahasa untuk Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 11 (1), 2021.

Asdar, A., Hamsiah, H., & Angreani, A. V. (2019). Kesantunan Bahasa Guru dalam Proses Belajar-Mengajar di SMP Negeri 35 Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(1), 75-80.

Chaer, A. 2010. Kesantunan Berbahasa Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta

Dari, A. W., Chandra, D. E., & Sugiyati, M. S. (2017). Analisis kesantunan berbahasa pada kegiatan pembelajaran kelas VIII E SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 10-21.

Daulay, W. M. (2018). Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan Serta Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 8 Tebingtinggi (Doctoral dissertation, UNIMED).

Djumingin, A. (2016). Analisis Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa pada Kegiatan Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar (Doctoral dissertation, FBS).

Fajiroh, F. B. (2021). Pematuhan Dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Guru Dan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Di Tpa Baiturrahim Surabaya: Kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Kusumaswarih, K. K. (2018). Strategi kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2).

Leech, G.2006. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Lesbianto, L. (2021). Kesantunan Berbahasa guru dan siswa pada teks cerpen pada masa pembelajaran Daring di SMP 5 Malang. FKIP e-PROCEEDING, 105-122.

Liza Faida Royana. (2021). SMAN 2 Banda Aceh Kelas XI MIPA 6 Analisis Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Buku Ajar Drama Untuk Siswa: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Mahsun. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. jakarta: Rajawali Pers.

Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285-296.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia

Nurfadillah. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 12 Makassar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rahardi, K. R. 2019. Konteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Rahmat.(2015).Kesantunan Berbahasa Dalam Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 3 Kabupaten Muaro Jambi, Skripsi, Universitas Jambi, Jambi.

Rizal, K. (2017). Kesantunan Berbahasa Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Krembung. Jurnal Bapala, 4(1).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, 2020. Pragmatik Konteks Indonesia, Gresik: graniti.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Kompetensi Bahasa, Bandung: Angkasa.

Yuliantoro, A. 2020. Analisis Pramatik. Surakarta: UNS Press.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/