stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
CITRA WANITA PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS | Lusiana | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

CITRA WANITA PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS

Suci Lusiana, Hetilaniar Hetilaniar, Liza Murniviyanti

Abstract


Kemunculan tokoh wanita dalam novel sering diposisikan sebagai wanita yang lemah, manja, dan bergantung pada laki-laki. Hal tersebut diakibatkan oleh realita sosial yang terjadi di masyarakat mengenai perbedaan citraan maskulinitas dan feminitas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra fisik, psikis, dan sosial pada tokoh utama wanita dalam novel Layangan Putus karya Mommy ASF dengan menggunakan kajian kritik sastra feminis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan teknik analisisi isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan citra wanita aspek fisik yang meliputi ciri biologis, bentuk tubuh, paras, penampilan, dan usia. Citra wanita aspek psikis tokoh utama wanita yang dilukiskan dalam novel ditandai dengan: perasaan pribadi, mentalitas, perilaku, sifat, sentimental, dan moral. Citra wanita aspek sosial yang ditemukan pada novel meliputi peran wanita dalam keluarga dan wanita sebagai makhluk sosial dalam masyarakat. Tokoh utama dalam novel ini merupakan seorang wanita dengan penggambaran fisik, psikis, dan sosial yang mempunyai keterkaitan dengan wanita di kehidupan nyata, sehingga penelitian ini dapat mengungkapkan pandangan wanita yang melibatkan wanita sebagai pembaca.


Keywords


citra wanita, tokoh utama, novel.

Full Text:

PDF

References


Afifah, K. N., & Muslim, A. (2021). Feminisme dalam Pesantren: Kajian Kritik Sastra Feminisme dalam Novel Dua Barista Karya Najhaty Sharma. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 119.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher.

Ariaseli, D., & Puspita, Y. (2021). Kajian Feminisme dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 539.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

ASF, M. (2021). Layangan Putus. Jakarta: RDM Publisher.

Effendi, D., & Hetilaniar. (2019). Pandangan Dunia Pengarang dalam Novel Bulan Terbelah di Langit Amerika Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra serta Implikasinya dalam Pengajaran Sastra. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 5 No. 2, 64.

Emzir, & Rohman, S. (2017). Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: Rajagravindo Persada.

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartama, S. C., & Nazaruddin, K. (2017). Citra Perempuan Jawa dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2.

Intan, T., Handayani, V., & Som, W. (2019). Citra Perempuan dalam Novel Metrotop "Tetralogi Empat Musim" Karya Ilana Tan. NUSA, 585.

Mawarni, H., & Sumartini. (2020). Citra Wanita Tokoh Utama Rani Novel Cerita Tentang Rani Karya Herry Santoso Kajian Krtitik Sastra Feminisme. Jurnal Sastra Indonesia, 138.

Purwahida, R. (2018). Citra Fisik, Psikis, dan Sosial Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Hujan dan Teduh Karya Wulan Dewatra. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Sastra Indonesia, 36.

Sugihastuti, & Suharto. (2015). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wandira, A., Rokhmansyah, A., & Hanum, I. S. (2021). Citra Perempuan dalam Kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berlari Karya Cyntha Hariadi. Kandai, 34.

Wandira, A., Rokhmansyah, A., & Hanum, I. S. (2021). Citra Perempuan dalam Kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berlari Karya Cyntha Hariadi. Kandai, 33.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol