EFEKTIVITAS METODE THE SILENT WAY DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS XI IPA DI SMA YPI TUNAS BANGSA PALEMBANG

Nurhayati Nurhayati, Achmad Wahidy, Yessi Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas metode the silent way dalam pembelajaran teks prosedur terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI IPA SMA Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Tunas Bangsa Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan sampel yang dipilih secara acak didapat kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontorl. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes berupa tes lisan serta analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata tes akhir siswa untuk kelas eksperimen adalah 85,88 dan nilai rata-rata tes akhir untuk kelas kontrol adalah 74,36. Dapat disimpulkan terdapat efektivitas metode the silent way dalam pembelajaran teks prosedur terhadap keterampilan berbicara siswa, hal ini terbukti dari hasil uji-t diperoleh thitung 14,05 ≥ ttabel 2,000 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.


Full Text:

PDF

References


Aqib & Murtadlo. (2016). KUMPULAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Arikunto, S. (2013). PROSEDUR PENELITIAN, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Hapudin, M. S. (2021). TEORI DAN PEMBELAJARAN Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: KENCANA.

Kunandar. (2014). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Depok: Rajagrafindo Persada.

Kurniawan & Kosasih. (2018). JENIS-JENIS TEKS Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Musdalifah, A. (2020). Keefektifan Metode Everyone Is Teacher Here Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMAN SUMSEL Palembang. Universitas PGRI Palembang.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Ratminingsih, N. M. (2017). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: RajaGrafindo Persada.

Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sintadewi, N. A., Sriasih, S. A., & Sudiana, I. N. (2017). Teknik Penilaian Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 4 Denpasar. e-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(02), 4-5.

Suandi, N., Sudiana, N., & Nurjaya, G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Nasional dan Harmoni Sosial. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2021). Metode PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Tarigan, H. G. (2008). BERBICARA Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Wicaksono, A., & Roza, A. S. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/