REKONSTRUKSI DAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS MATERI TEKS EKSPLANASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas dari butir soal dan rubrik penilaian pada aspek keterampilan menulis, melakukan rekonstruksi pada butir soal dan rubrik penilaian, dan melakukan pengembangan pada soal dan rubrik penilaian pada KD 4.9 materi teks eksplanasi kelas VIII di SMPN Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah RPP KD 4.9 materi teks eksplanasi kelas VIII di SMPN Surakarta. Data yang digunakan isi dari RPP yang relevan dengan indikator penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca-catat, dan teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas dari RPP adanya butir soal yang belum memenuhi kriteria dari tiga aspek penilaian yaitu materi, kontruksi, dan bahasa. Aspek pertama adalah materi mencapai 75%, kontruksi 75%, dan bahasa 80%. Merekontruksi soal dan rubrik penilaian yang awalnya masih dalam ranah kognitif direkontruksi dengan mengganti ke ranah keterampilan atau psikomotorik. Terakhir yaitu mengembangkan media pembelajaran materi teks eksplanasi yaitu dengan menggunakan media mickroblog serta menguraikan soal dan rubrik penilaian jika menggunakan media tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250–262. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723
Ayumi, A. Y., Sudiyati, C. A., Daulay, S. N., Wagiran, W., & Luriawati, D. (2021). Rekonstruksi Soal Penilaian Aspek Keterampilan Reseptif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Tahun Pelajaran 2018/2019 Smp Semesta Semarang. Asas: Jurnal Sastra, 10(2). https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26257
Bancin, M. U. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Gambar Peristiwa Alam Terhadapt Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4, 9–15.
Dachliyani, L. (2020). Instrumen yang Sahih : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721
Datu, Z. S., Naryatmojo, D. L. N., & Wagiran. (2022). Rekonstruksi Butir Soal dalam Penilaian Keterampilan pada KD 3.7 dan KD 4.7 Teks Hikayat. Comserva, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i1.213
Fatmawati, Ningsih, R., Andriyani, N., Sukenti, D., & Shomary, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Rubrik Penilaian Keterampilan Menulis Puisi untuk Tim MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMA Se-Pekanbaru. Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 195–200.
Kuswari, U. (2021). Model Penilaian Keterampilan Menulis Bahasa Sunda. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 65–78. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v21i1.36659
Nur Cahyo, A., Luriawati, D., & Wagiran, W. (2022). Analisis Butir Soal Penilaian Keterampilan Kebahasaan pada Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XI. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(01), 11–22. https://doi.org/10.47709/jbsi.v2i01.1493
Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa. BPEE Yogyakarta.
Putri, Z. A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021). Analisis Nilai - Nilai Pendidikan dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 731–736. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1249
Rahmawati, L. E., & Fatimah, N. (2015). Pengembangan Model Penilaian Autentik Kompetensi Berbicara. Jurnal VARIDIKA, 26(1), 1–10. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i1.727
Santosa. (2006). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 99–103. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm ANALISIS
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.51454/decode.v1i1.5
DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i3.2715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Jombang
Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:
![]() | ![]() | ![]() | ||
![]() | ||||
Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/