stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
CITRA PEREMPUAN DALAM DRAMA SATU BABAK AWAL DAN MIRA KARYA UTUY TATANG SONTANI | Roihanah | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

CITRA PEREMPUAN DALAM DRAMA SATU BABAK AWAL DAN MIRA KARYA UTUY TATANG SONTANI

Athiyyah Nur Roihanah, Muyassaroh Muyassaroh, Tri Rizky Ramadhan, Falasifah Falasifah, Rahmadayani Rahmadayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan citra perempuan yang terdapat dalam drama satu babak Awal dan Mira. Masalah dalam penelitian ini terfokus pada penggambaran citra tokoh perempuan yang digambarkan oleh pengarang laki-laki. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku drama satu babak Awal dan Mira. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara kutipan dialog dianalisis dengan menggunakan teknik baca-catat. Hasil yang didapatkan adalah citra fisik perempuan, yaitu citra perempuan cantik. Citra psikologis perempuan, yaitu citra perempuan cemas dan kebingungan, citra perempuan yang memiliki harga diri tinggi, citra perempuan sabar, citra perempuan tegas, citra perempuan cemburu, citra perempuan egois, citra perempuan percaya diri, citra perempuan peduli, citra perempuan rendah diri, citra perempuan tidak mudah percaya, citra perempuan sedih, citra perempuan yang mencintai, citra perempuan pintar. Citra perempuan dalam masyarakat, yaitu citra perempuan yang hanya dijadikan sebagai objek. Citra perempuan dalam keluarga, yaitu citra perempuan mandiri, citra perempuan berbakti dan pengertian.


Keywords


kajian feminisme, citra perempuan, drama satu babak, tokoh perempuan

Full Text:

PDF

References


Arriyanti. (2014). Isu Feminisme Dalam Novel Putri Karya Putu Wijaya. Madah. 5(2): 133-146.

Astuti, Puji., Widyatmike Gede Mulawarman, dan Alfian Rokhmansyah. (2018). Ketidakadilan Gender Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Genduk Karya Sundari Mardjuki: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Jurnal Ilmu Budaya 2(2): 105-114.

Azwar, Awlia Fajrina., Dini Andriani, dan Syahrul Ramadhan. (2020). Citra Perempuan Dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer (Kajian Feminisme). Deiksis 12(1): 1-11.

Haikal, Ahmad Dzikron., Harjito, dan Nazla Maharani Umaya. (2018). Pemuatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Satu Babak Berbasis Kontekstual Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Untuk Siswa SMP di Kota Semarang. Teks: jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 3(1): 1-10.

Harjito. (2007). Melek Sastra: Untuk 17 Tahun Ke Atas. Semarang: Kontak Media.

Hutabalian, Eriska Elgrita., Sarma Panggabean, dan Kartini Bangun. (2022). Citra Perempuan dalam Novel Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia 19(2): 88-102.

Islahuddin, Islahuddin., Ku-Ares Tawandorloh, dan Halimoh Ha. (2021). Citra Perempuan Dalam Cerita Rakyat Putri Kemang: Kajian Kritik Sastra Feminis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 14(2): 220-232.

Juanda., dan Azis. (2018). Penyingkapan Citra Perempuan Cerpen Media Indonesia: Kajian Feminisme. Lingua 15(2): 71-82.

Mahdalia, Ragil., Hidayah Budi Qu’ani. (2020). Perlawanan Ketidakdilan Gender Pada Naskah Drama Pelacur Dan Presiden Karya Ratna Sarumpet. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, 8(2): 123-133.

Musrifah. (2018). Feminisme Liberal Dalam Novel Sepenggal Bulan Untukmu Karya Zhaenal Fanani. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 6(1): 84-100.

Novela, Kiki Putri., Haris Supratno, dan Resdianto Permata Raharjo. (2020). Eksistensi Citra Perempuan dalam Novel Nadira Karya Leila S. Chudori. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8(2): 143-150.

Novera, Dian., Yenni Hayati, dan M. Ismail Nst. (2017). Citra Perempuan dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori. Jurnal Bahasa dan Sastra 5(1): 1-15.

Nurjana, Kiki., Siti Samhati, dan Nurlaksana Eko Rusminto. (2022). Citra Perempuan dalam Legenda Serunting Sakti: Kajian Feminisme. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra 18(2): 1-14.

Nurlaily, Siti., Yuli Kurniati Werdiningsih, dan Nuning Zaidah. (2022). Kekerasan terhadap Tokoh Perempuan dalam Novel Prasetyane Wanita Karya Tulus Setiyadi Kajian Feminisme. Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya 3(2): 16-28.

Nurlian, Nurlian., Abdul Hafid, dan Ismail Marzuki. (2021). Citra Perempuan dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 2(2): 45-59.

Purwahida, Rahmah. (2018). Citra Fisik, Psikis, dan Sosial Tokoh Utama Perempuan Dalam Novel Hujan dan Teduh Karya Wulan Dewatra. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Sastra Indonesia 2(2): 33-43.

Rini, Ajeng Mega Listia., Martono, dan Sesilia Seli. (2014). Citra Perempuan pada Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahyuningsih. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3(4): 1-17.

Robby, Kaffa Kupita., Retty Isnendes, dan Agus Suherman. (2021). Citra Perempuan Dalam Roman Pendek Pileuleuyan Karya Yus Rusamsi. Lokabasa: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah serta Pengajarannya 12(1): 60-72.

Rohtama, Yoga., Akhmad Murtadlo, dan Dahri D. (2018). Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Pelabuhan Terakhir Karya Roidah: Kajian feminisme Liberal. Jurnal Ilmu Budaya 2(3): 221-232.

Rokhmansyah, Alfian. (2016). Pengantar Gender Dan Feminisme Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.

Saskia, Febi., Dian Hartati. (2022). Perbandingan Citra Perempuan dalam Cerpen Nol-Dream Land Karya Djaenar Maessa Ayu dan Cerpen Sang Putri Karya Irena Ioannidou Adamidou. SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10(2): 205-216.

Sehandi, Yohanes. (2018). Mengenal 25 Teori Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugihastuti., Sugiharto. (2002). Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suliantini, N.W., I.N. Martha, dan G. Artawan. (2021). Citra Perempuan dalam Antologi Puisi Tubuhmu Selembar Daun Karya Gede Artawan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 10(1): 1-6.

Wandira, Anna., Alfian Rokhmansyah, dan Irma Surayya Hanum. (2021). Citra Perempuan Dalam Kumpulan Puisi Ibu Mendulang Anak Berlari Karya Cyntha Hariadi. Jurnal Kandai 17(1): 33-34.

Werdiningsih, Yuli Kurniati. (2016). Kekerasan terhadap Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Kinanti Karya Margareth Widhy Pratiwi. Atavisme 19(1): 1-14.

Windha, Windha., Martono, dan Agus Wartiningsih. (2019). Citra Perempuan dalam Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(9): 1-8.

Zahro, Fanisa Qorina., Novi Diah Haryanti. (2020). Dampak Revolusi Indonesia Pada Naskah Drama Titik Hitam dan Awal & Mira.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol