stars77 slot online stars77 indro77 indro77 indro77 helenaslot helenaslot helenaslot
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA STORY BOX | Wahyuanti | SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN PARAGRAF DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA STORY BOX

Indah Wahyuanti, Siti Maisaroh

Abstract


Kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas V SDN Wuluh I Kesamben adalah siswa–siswi mengalami permasalahan dalam membuat judul yang sesuai dengan objek yang dideskripsikan. Media yang digunakan guru saat pembelajaran menulis deskripsi adalah buku tema, sehingga pembelajaran menulis paragraf deskriptif bukanlah menjadi hal yang menarik bagi siswa-siswi. Oleh karena itu, masih banyak siswayang kurang semangat mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia terutama pada menulis deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwasa dengan menggunakan media story box dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada menyusun paragraf deskripsi kelas V SDN Wuluh I Kesamben Jombang. Adapun peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada setiap siklus. Nilai rata- rata yang telah dicapai pada tahap prasiklus oleh siswa yaitu 70,23 dengan persentase 38,09%. Kemudian pada siklus I perolehan nilai rata- rata sebesar 75,95 dengan presentase 81,71%, selanjutnya meningkat pada siklus II yang nilai rata-rata sebesar 80,90 dengan presentase 95,24%. Pada siklus pertama secara klasikal belum dikatakan tuntas.


Keywords


Peningkatan, story box, paragraf deskripsi

Full Text:

PDF

References


Ali, Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Arif S. Sadiman, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Bina Aksara Arsyad Azhar Dan Asraf Rahman.2010.Media Pembelajaran. Jakarta: RajawaliPers

Azwar, Syaifuddin. 2019.Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Budiman, H. 2016. Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal

Pendidikan Islam, 7(2), 171-182.

Dwi, Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Hasnah, H. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Media Visual Pada Siswa. Indonesian Journal Of Educational Studies, 22(1).

Jayanti, F., & Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 329-339.

Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kurniasari, Anna Nurlaila. 2014. Sarikata Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta : Solusi Distribusi Mulyana. (2005). Kajian Wacana Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana.

Yogyakarta: Tiara Wacana.

Nalurita, A., & Rusmana, N. Kesalahan Penggunaan Penulisan Huruf Kapital Pada Paragraf Deskripsi Di Sekolah Dasar (Penelitian Deskripsi Terhadap Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar Negeri Ii Taraju). Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Nana Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SinarBaru Algesindo.

Nastiti, R. A., Setyowati, E., & Ardhyantama, V. 2021. Keterampilan Menulis Deskripsi Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV Sdn Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1858-1866.

Pahrun, R. 2021. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Pada Siswa Kelas Iv Sdn 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11-22.

Rahayu, P.,dkk. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol.1 (1) :70-88.

Rosma Hartini. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras Seftiani, E. E. 2020.

Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan HasilPenelitian, 6(2), 115-124.

Siti Fatonah, M. 2019. Dasar-Dasar Menulis Paragraf Deskripsi. Ngagglik Sleman: Cv Budi

Utama.

Suharsimi Arikunto. 2015. Metode Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Ubaidillah, A. Z. 2018. Menulis Paragraf Deskripsi Artistik Menggunakan Strategi Kreatif

Produktif Berbasis Multimedia. Jurnal Pesona, 4(2), 51-60.

Waluyo, Herman J. 2003. Panduan Bahasa Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i4.2845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  STKIP PGRI Jombang

Jl. Pattimura III/20, Jombang, Jawa Timur, Indonesia

Saat ini, Sastranesia: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia is telah diindeks oleh:

  
    
     
     
     
     
Dedicated to:


Flag Counter

 

View My Stats

Website Resmi STKIP PGRI Jombang http://stkipjb.ac.id/

ngentot ngentot kontol kontol ngentot kontol ngentot kontol